Perjuangan Sakla Voice Dalam Lomba Paduan Suara

KLATEN - Sakla Voice merupakan salah satu grup paduan suara yang mengikuti perlombaan tingkat SMA/SMK yang diselenggarakan Kodim 0723/ Klaten. Paduan suara yang berasal dari SMAN 1 Klaten itu sempat mencuri perhatian penonton. Karena penampilannya yang memukau. Bagaimana persiapan Sakla Voice mengikuti perlombaan? Berikut kisahnya.

Suara merdu terdengar dari dalam Pendopo Pemkab Klaten, ketika ratusan pelajar SMA/SMK di Klaten sedang mengikuti perlombaan paduan suara. Perlombaan yang diselenggarakan melalui kegiatan komunikasi sosial (komsos) kreatif dalam rangka memperingati HUT TNI ke-71 tersebut diikuti 21 grup paduan suara dari berbagai sekolah di Klaten. Salah satu grup yang menunjukan kebolehannya dalam menyanyi adalah Sakla Voice yang berasal dari SMAN 1 Klaten.

Setiap grup telah menyiapkan diri sebelum dipanggil di atas panggung untuk menyanyikan dua lagu –baik wajib dan pilihan. Mereka berlomba-lomba memperlihatkan persiapannya mulai dari kostum hingga aksesori yang dipakai masing-masing anggotanya. Hal itu tampak berbeda pada penampilan Sakla Voice yang hanya mengenakan seragam OSIS.

Tapi penampilan Sakla Voice yang sederhana itu, berbanding terbalik ketika sudah tampil diatas panggung. Grup paduan suara yang terdiri dari 15 orang itu, menyanyikan lagu wajib Maju Tak Gentar dan Gundul-Gundul Pacul sebagai lagu pilihannya.

“Kami menyiapkan sendiri perlombaan ini selama tiga minggu, selepas pulang sekolah. Setiap latihan dilakukan selama dua jam mulai dari pukul 14.00-16.00 WIB. Tapi tak selalu komplet anggotanya saat latihan sehingga tak maksimal,” ucap dirigen Sakla Voice SMAN 1 Klaten, Margaretha Citra, saat ditemui seusai tampil, Rabu (31/8).

Selama menyiapkan grup paduan suara, Citra mengakui masih banyak kekurangan. Terutama terkait menentukan jadwal latihan. Mengingat 15 orang anggota Sakla Voice merupakan pelajar SMAN 1 Klaten dari kelas X-XII. Hal ini membuat dirinya kesulitan menentukan waktu latihan agar seluruh anggotanya dapat hadir.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar