Nurmasari Retnaningtyas, Bagi Waktu antara PKK dan Mengajar

KLATEN - Membagi waktu dua kegiatan yang berjalan secara bersamaan tidaklah mudah. Tapi ditangan Nurmasari Retnaningtyas, 27, hal itu bisa diatur secara proporsional baik saat berkegiatan Pemberdayaan dan  Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan mengajar di SMP Al Islam, Kecamatan Ngawen. Pasalnya, Nurmasari didaulat sebagai Ketua PKK Desa Krajan, Kecamatan Kalikotes serta guru mata pelajaran PKK dan PKn.

“Untuk kegiatan PKK biasanya akan mengikuti kelonggaran di luar saya mengajar. Biasanya kalau nggak Senin ya Kamis. Ketika saya libur, biar lebih fokus saat berkegiatan di PKK,” ucap Nurmasari yang juga istri dari Kepala Desa Krajan, Kecamatan Kalikotes, Tri Agung Rahmadi, Rabu (31/8).

Menurut Nurmasari, meski dua kegiatannya sangat menyita waktu, tapi dirinya berusaha menyimbangkan. Hal itu jadi tantangan tersendiri baginya dalam membagi waktu pada sejumlah kegiatan. Karena antara PKK dan mata pelajaran yang diajarkan kepada murid-muridnya masih punya kesinambungan. Hal ini membuat dirinya bisa mengaplikasikan pengetahuan dan pemahamannya mengenai PKK di dua tempat sekaligus.

“Saya mengharapkan kegiatan PKK di Klaten lebih jaya. Apalagi bupati dan wakil bupatinya perempuan, maka diharapkan dapat diutamakan PKK sehingga lebih terjamin,” ucap perempuan yang menyandang Ketua PKK sejak 2013 itu.

Dirinya menegaskan, tak ingin mengorbankan kegiatan yang dijalaninya. Karena itu bentuk pertanggungjawabannya dalam memegang amanah yang diberikan kepadanya. Karena itu diperlukan keterampilan dalam mengelola waktu, agar tak ada kegiatan yang dianaktirikan. Termasuk perannya dalam keluarga sebagai ibu rumah tangga. Dengan memberikan motivasi sepenuhnya kepada suaminya sebagai Kepala Desa Krajan.

“Kalau istri memotivasi pekerjaan suami pasti lancar. Selama ini saya juga memotivasi dirinya. Termasuk ketika mencalonkan menjadi kades,” ungkap alumnus Universitas Muhammadiyah Surakarta, FKIP Pendidikan Bahasa Indonesia dan Daerah. (ren/edy)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar