Pedas Nendang Belut dan Entok

Aneka menu pedas selalu menarik untuk dijajal bagi pecinta kuliner bercita rasa hot. Meski sama-sama pedas, berbagai menu yang diracik punya kekhasan rasa masing-masing. Misalnya, kuliner bumbu pedas yang disajikan di Bebek dan Ayam Suramadu.

Owner Bebek dan Ayam Suramadu Vonny Agustina mengatakan, rasa pedas khas Madura lebih mantap dan nendang. Tak hanya diaplikasikan pada bebek dan ayam, Vonny mencampurkan bumbu pedas pada belut penyet dan pedas manis pada rica-rica entok.

“Tidak ada bumbu khusus atau rahasia. Bumbu rempah Nusantara saya gunakan. Bahkan, bumbu rica-rica entok sama seperti pada umumnya. Hanya saja, rasa pedas memang lebih saya tonjolkan,” jelas Vonny saat ditemui Jawa Pos Radar Solo di warungnya di Perum Grogol Indah Sektor 7, Telukan, Solo Baru kemarin (12/1).

Bawang merah, bawang putih, merica, dan cabai menjadi bumbu utama yang dimasak bersama potongan entok. Untuk memasak rica-rica, kata Vonny, kuncinya terletak pada pengaturan api. Cukup atur api sedang agar bumbu merasuk dan merata pada entok. Dengan membiarkan air sedikit surut, bumbu akan semakin merasuk sekaligus daging menjadi lebih empuk.

Selain rica-rica entok, menu andalan resto tersebut adalah belut goreng yang digeprek dengan sambal bawang mentah. Sajian pedasnya cukup luar biasa. Vonny sengaja memilih belut berukuran medium sehingga bisa menghasilkan tekstur renyah saat digoreng.

“Untuk sambal, tamu bisa memilih sambal bawang mentah, matang, maupun terasi untuk digeprek langsung dengan belut. Namun, bagi yang tidak suka pedas bisa meminta untuk dipisah sambalnya,” bebernya.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar