Perajin Patung Loro Blonyo Sambat Sepi Order
BERITA TERKAIT

WONOGIRI - Perajin loro blonyo di Desa Kenteng, Kecamatan Purwantoro, mengeluhkan sepinya order dalam setahun terakhir. Sementara pemkab sendiri berusaha memfasilitasi kerja sama UMKM dengan retail modern untuk memasarkan produk mereka. 

Wakiman, perajin loro blonyo asal Desa Kenteng, Kecamatan Purwantoro mengaku bahwa sejak awal 2016 hingga awal 2017 ini omzet penjualan loro blonyo sepi. Padahal, tahun-tahun sebelumnya banjir pesanan dari Jogjakarta, Surabaya dan Bali.

“Mulai 2016 turun sekitar 20 persen. Kerugian sekitar Rp 5 juta. Ini saja di rumah masih ada stok barang sekitar 100 buah lebih belum laku,” kata Wakiman, Selasa kemarin (14/2).

Menurut Wakiman, tahun-tahun sebelumnya, setidaknya setiap dua pekan sekali mengirim 200 buah patung loro blonyo ke Bali. Tapi, saat ini baru 30-40 hari baru mendapatkan order pengiriman itupun hanya ke Bali.

“Ini semua tempat sepi, tidak ada order. Para perajin lain juga mengalami,” keluhnya.

Selain order yang menurun, Wakimam juga mengaku bahwa bahan baku kayu mahoni juga sulit. Telah dua pekan ini pesanan bahan baku kayu belum juga dikirim.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar