Jatah Dana Desa di Wonogiri Tembus Rp 198 M
BERITA TERKAIT

WONOGIRI - Dana Desa Kabupaten Wonogiri 2017 tembus angka Rp 198 miliar. Desa Gambirmanis di Kecamatan Paranggupito mendapat alokasi terbanyak tahun ini mencapai lebih dari Rp 800 juta.

Kasi Pembinaan Keuangan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Zyqma Idatya Fitha mengatakan, pemerintah pusat telah menggelontorkan anggaran dana desa untuk Wonogiri tahun ini Rp 198.745.821.000. Angka ini naik Rp 43 miliar dari tahun lalu yang sebesar Rp 155 miliar.

“Tahun ini memang ada kenaikan dibanding tahun lalu,” kata Fitha, Selasa (14/2) di kantornya kemarin.

Menurutnya, prosedur penyaluran dana desa itu masih sama dengan tahun- tahun sebelumnya karena memang mengacu pada Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 49 /PMK.O7/2016 tentang Tata Cara Pengalokasian, Penyaluran, Penggunaan, Pemantauan, dan Evaluasi Dana Desa. Di mana untuk tahap I nantinya akan disalurkan pada Maret mendatang sebesar 60 persen dan tahap II pada Agustus dengan besaran 40 persen. 

“Rencana pencairan dana desa gelombang pertama bisa dilakukan, karena laporan keuangan penggunaan anggaran semua desa sudah masuk. Dan saat ini tengah menunggu perbup,” terangnya.

Setidaknya dana desa senilai Rp 198 itu akan digelontorkan ke 251 desa di Wonogiri. Di mana masing-masing desa akan mendapatkan anggaran senilai Rp 700-800 juta. “Paling banyak Desa Gambirmanis di Kecamatan Pracimantoro,” terangnya.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar