Aksi Kolektif AQUA Klaten Menabung Air ke Tanah

KLATEN - Upaya untuk menjaga keseimbangan alam terus dilakukan PT. Tirta Investama (AQUA) Klaten dengan melakukan kolaborasi bersama stakeholder. Aksi kali ini diberi nama one man one hole (satu orang satu lubang) dalam gerakan pembuatan biopori di sekitar pabrik yang berada di Desa Wangen, Kecamatan Polanharjo.

Gerakan pembuatan biopori dilakukan seluruh karyawan AQUA bersama Badan Lingkungan Hidup (BLH) Klaten. Di Klaten ada sekitar 900 karyawan, masing-masing memiliki kewajiban membuat satu lubang biopori.

“Aksi hari pertama ada 125 biopori yang sudah dibuat karyawan. Kami sudah membuat jadwal untuk seluruh karyawan agar mereka ikut terlibat dalam pembuatan biopori. Kegiatan ini penting karena menjadi bagian dari menjaga kelestarian air di dalam tanah,” ujar Manajer CSR AQUA KlatenRama Zakaria.

Sudah banyak gerakan biopori yang dilakukan instansi maupun perusahaan swasta, namun baru sebatas seremoni saja. Dia ingin AQUA mengajak stakeholder untuk berkolaborasi dalam kegiatan menjaga kelestarian air di dalam tanah.

“Kelihatanya hanya membuat lubang di permukaan tanah, padahal melalui kegiatan kelestarian air akan tetap terjaga. Kami berharap masyarakat juga ikut berpartisipasi dalam gerakan pembuatan biopori,” ungkapnya.

Bondan Sidarta dari Badan Lingkungan Hidup (BLH) mengapresiasi gerakan pembuatan biopori yang dilakukan AQUA Klaten. Apalagi kegiatan melibatkan seluruh karyawan, dia berharap kegiatan serupa juga dilakukan perusahaan lain sebagai upaya menjaga keseimbangan lingkungan.

“Kami juga sering bekerjasama dengan instansi pemerintah lain seperti TNI dalam gerakan biopori. Sosialisasi ke sekolah juga terus dilakukan, sehingga pelajar juga ikut berpartisipasi dalam gerakan pembuatan biopori,” ujarnya. (ren/oh)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar