Proyek Pasar Klewer Masih Jadi Sorotan

SOLO – Pembangunan Pasar Klewer hingga kini masih jadi sorotan banyak pihak. Pasalnya pembangunan yang harusnya selesai akhir Januari lalu, masih banyak sisi dan celah yang belum selesai. Salah satunya terkait jalan lingkungan di sekitar Klewer yang masih belum dibenahi.

Ketua Komisi III DPRD Surakarta Honda Hendarto mengatakan, sebenarnya untuk jalan lingkungan di sekitar Pasar Klewer ini terbagi menjadi dua golongan. Untuk jalan depan, memang harus menjadi tanggung jawab dari pihak pelaksana. Karena akibat kegiatan angkut bahan, jalan yang ada di depan Pasar Klewer banyak yang rusak.

”Kalau jalan lingkungan yang ada di belakang Pasar Klewer khan juga tanggung jawab dari pemerintah. Apalagi akhir tahun lalu saya juga telah mengusulkan ke komisi II untuk perbaikan jalan lingkungan. Terutama di Pasar Klewer pasca pengerjaan proyek,” ujarnya pada wartawan, kemarin (16/2).

Dalam klausul kontrak dengan PT Adhi Karya juga tak disebutkan mengenai pembenahan jalan lingkungan. Karena itu jika pemkot ingin berbagi tanggungjawab dengan pihak pelaksana pembangunan Pasar Klewer, pemkot harus melakukan lobi. ”Komunikasi yang intensif juga perlu dilakukan agar nantinya bisa terlaksana. Terlebih, pelaksana juga masih harus menyelesaikan 13 kios yang terkena tiang,” jelasnya.

Peluang pengerjaan jalan lingkungan, menurut Honda masih bisa dilakukan meski tak masuk dalam kontrak. Karena PT Adhi Karya bisa saja memberikan corporate social responsibility (CSR) untuk perbaikan jalan lingkungan. ”Jadi nantinya pemkot bisa berbagi dengan PT Adhi Karya untuk memperbaiki jalan lingkungan,” tegasnya.

Terkait mundurnya peresmian, menurut Honda tak jadi masalah. Karena masih ada beberapa hal teknis yang perlu dibenahi. ”Lagi pula seiring dengan pelengkapan persyaratan pedagang, yakni SHP dan NPWP,” imbuhnya.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar