Anies Tawarkan Program Drainase Vertikal, Djarot: Itu Sudah Dari Dulu Bos!

JawaPos - Konsep drainase vertikal yang sering digemakan calon gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ternyata sudah diterapkan. Adalah Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat yang pertama kali buka suara tentang sudah adanya program tersebut.

"Kalau sumur resapan itu sudah dari dulu bos. Biopori, sumur resapan, ditambah ruang terbuka biru itu kami bangun embung, pengerukan sungai. Sekarang juga sudah banyak," kata Djarot di Balai Kota Jakarta, Jumat (17/2).

Karenanya, Djarot mengaku bingung dengan maksud dari pesaingnya di Pilkada DKI, Anies Baswedan jika program mengatasi banjirnya merupakan drainase vertikal dalam bentuk sumur resapan.

Terkait banjir yang baru saja menerjang Jakarta, mantan Walikota Blitar itu berujar bahwa semua program mengatasi masalah tersebut memang butuh waktu sebelum bisa bekerja optimal. "Ya itu (program sumur resapan) sudah lama banget. Tapi kan ini butuh proses, butuh waktu," imbuhnya.

Sebelumnya, Anies Baswedan sempat mengkritik program Pemprov DKI dalam mengatasi banjir di Jakarta.

Menurut Anies, usaha Pemprov DKI menanggulangi banjir selama ini belum tepat. Ia menganggap bahwa konsep horizontal drainase tidak menyelesaikan masalah banjir dengan tuntas.

"Kirain udah bebas banjir. Kadang-kadang seakan masalah sudah selesai semua. Padahal masih banyak masalah yang harus diselesaikan. Makanya kami menawarkan konsep vertikal drainase bukan horizontal drainase," ucap Anies belum lama ini. (uya/JPG)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar