Siswa Waswas Server UNBK Error

SUKOHARJO – Server error ketika sedang mengikuti ujian nasional berbasis komputer (UNBK) SMA/SMK masih menjadi ketakutan para siswa. Karena itu, perlu ada jaminan dari sekolah dan lingkungan untuk kenyamanan ujian mereka.

Siswi kelas XII SMKN 5 Sukoharjo Endah mengatakan, dia sudah tiga kali mengikuti ujian simulasi. Menurut dia, hal yang dia khawatirkan adalah server bermasalah. ”Takut kalau error,” katanya kemarin. 

Endah mengaku, mata pelajaran yang paling dia takuti adalah matematika. Dia bercerita saat simulasi kemarin soal matematika paling lama dia kerjakan. Namun, dia bertekad akan terus belajar dengan baik agar mendapatkan nilai yang memuaskan. Kalau nanti sampai server mati, maka bisa jadi akan membuyarkan konsentrasi.

UNBK SMA/SMK bakal digelar 3-6 April. Karena itu, sekolah sudah mulai berbenah diri. Mereka mulai melakukan berbagai persiapan, salah satunyai stimulasi. Hal itu untuk mempersiapkan mental siswa agar tidak gagap ketika mengikuti ujian sesungguhnya. 

Guru matematika SMK N 5 Sukoharjo Wijianto mengatakan, saat ini pihaknya sudah melakukan tiga kali simulasi UNBK. Hal tersebut agar siswa terbiasa dengan kondisi ujian dan lebih siap. ”Kami sudah gembleng mereka,” paparnya. 

Menurut dia, selama pelaksanaan simulasi ini, semua siswa mampu mengikuti dengan lancar. Suasana simulasi juga dibuat persis seperti pelaksanaan UNBK. Ada pihak yang mengawasi dan ujian dibuat tiga gelombang. 

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar