Bencana Sukoharjo: Waspada Longsor Susulan di Bulu

SUKOHARJO – Bencana longsor masih rawan terjadi di wilayah Bulu. Sebab, wilayah tersebut terdiri dari kawasan perbukitan. Ada dua desa yang menjadi langganan longsor, yakni Sanggang dan Kedungsono.

Camat Bulu Sunarjo mengatakan, berkaitan dengan potensi longsor di Kecamatan Bulu, pihaknya masih waspada. Dia mengaku sudah mengimbau kepada masyarakat di desa rawan bencana tersebut di berbagai kesempatan.

“Beberapa waktu lalu bahkan di Desa Sanggang terjadi longsoran yang membahayakan rumah dan menutup jalan. Namun, sekarang jalan tersebut sudah bisa dilewati,” ujarnya.

Dijelaskan, saat ini memang belum ada kejadian longsor terbaru. Namun, pihaknya tetap waspada bila longsor kembali terjadi . Warga sekitar diminta harus tetap tanggap bencana.  

Kepala BPBD Sukoharjo Suprapto mengatakan, sejak awal 2017, terjadi beberapa kejadian seperti longsoran  di Desa Tanjungrejo, Kecamatan Nguter, Sukoharjo pada Selasa (14/2). Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Ada dua rumah yang terancam lantaran lokasinya dekat dengan longsoran. Dua rumah tersebut milik Mitro Wiyono, warga Dukuh cengkir legi RT1 RW 4 dan Mista warga cengkir legi RT 1 RW 4, Desa Tanjungrejo, Nguter.

Sebelumnya hujan deras dan angin kencang diprediksi terjadi pada bulan Januari dan Februari. Namun, kenyataannya pada Januari kemarin intensitas hujan turun tidak sering. Hujan turun lebat dan angin kencang terjadi Februari. Lantaran keterlambatan tersebut, diprediksi cuaca ekstrem akan terjadi sampai Maret.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar