Bursa Efek Indonesia Gencar Sasar Anak Muda

SOLO – Berinvestasi saham bukan menjadi dominasi kalangan mapan saja. Belakangan Bursa Efek Indonesia (BEI) gencar menyasar anak muda untuk mulai berinvestasi, bahkan hanya dengan modal minim.

Salah satu upaya untuk dekat dengan kalangan anak muda, BEI membuka Galeri Investasi di sejumlah kampus. Kepala Perwakilan BEI Jogja Irfan Noor Riza mengatakan, untuk cakupan eks Karesidenan Surakarta hingga Februari sudah mencapai 19.225 investor. Di mana 20 persen di antaranya merupakan investor anak muda.

Hal itu bisa tercapai dengan hadirnya Galeri Investasi yang tersebar di Solo dan sekitarnya. Rencananya, BEI juga menambah Galeri Investasi yang dibuka di wilayah Sukoharjo. “Anak muda memiliki potensi yang cukup besar. Dengan mengenalkan investasi atau saham kepada mereka, setidaknya mendorong masyarakat untuk memiliki perusahaan di Indonesia sejak dini,” tutur Irfan kepada wartawan kemarin (8/3).

Di samping itu, dengan mendorong anak muda untuk menabung saham, sekaligus mengedukasi mereka agar tidak terjebak dengan investasi bodong.  Diakui Irfan, anak muda belum termasuk golongan mapan yang memiliki banyak uang untuk investasi.

Oleh karena itu, BEI menawarkan investasi minimal  dengan membuka tabungan saham Rp 100 ribu. Dengan nominal itu,  bisa langsung digunakan membeli saham minimal satu lot (100 lembar) seharga Rp 5 ribu per lot.

Sementara itu, Owner JUC Sekuritas Solo Robin Haryadi mengungkapkan, sekuritas-sekuritas yang hadir saat ini sebaiknya fokus memberi edukasi dan menyediakan tools untuk memudahkan investor pemula dalam bertransaksi. Peluang investasi saham sangat terbuka, terlebih di Indonesia masih sedikit investor yang memilih pasar saham sebagai salah satu sarana investasi.

”Minimnya investor ini juga dipengaruhi belum banyaknya masyarakat yang paham. Tahun lalu, bursa saham Indonesia itu paling profitable di kawasan Asia Pasifik. Sehingga saatnya investor lokal ikut meramaikan. Bagi yang ingin belajar, kami sangat terbuka untuk mengedukasi secara detail,” pungkas Robin. (gis/ria)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar