Bantuan Komputer Sasar Tiga Desa di Karanganyar

KARANGANYAR – Mengembangkan minat baca di pedesaan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah memberikan bantuan komputer. Bantuan menyasar tiga desa di tiga kecamatan berbeda. Masing-masing desa mendapat bantuan satu unit komputer.

Tiga desa tersebut, yakni Desa Ngunut Kecamatan Jumantono; Desa Ndayu Kecamatan Gondangrejo; dan Kelurahan Tawangmangu, Kecamatan Tawangmangu. Bantuan diberikan Bupati Karanganyar Juliyatmono dan diterima camat masing-masing wilayah. Bantuan diberikan bersamaan dengan kegiatan Gerakan Gemar Membaca kabupaten Karanganyar 2017, kemarin (8/3).

“Silahkan komputer itu nanti digunakan untuk warga masyarakat. Untuk belajar dan tentunya untuk meningkatkan minat baca warga,” kata Bupati kepada Radar Karanganyar.

Menandai ajakan gemar membaca, masyarakat diajak menulis mushaf Alquran. Secara bergiliran, kelompok masyarakat akan diajak menebali tulisan mushaf Alquran di Perpustakaan Karanganyar. Nantinya bakal dijadikan sejarah bagi Kabupaten Karanganyar.

“Sekaligus menandai peringatan seabad Kabupaten Karanganyar pada 2017 ini. Kami mengajak membuat sebuah karya spektakuler, yakni menulis mushaf Alquran. Bukan menulis dari awal, namun tinggal menebali tulisan yang sudah ada dengan tinta. Nanti akan kita pajang selamanya di kantor perpustakaan ini,” papar Juliyatmono.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Karanganyar, Bambang Haryono mengungkapkan, perputakan ini buka 24 jam nonstop. “Bupati mengajak semua masyarakat gemar membaca. Apapun jenis bacaannya. Karena semua buku hakekatnya baik. Isinya pengetahuan yang akan menjadikan manusia semakin pandai,” jelasnya. (rud/fer)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar