Bripka Sigit Purwanto, Polisi yang Sukses Menjadi Pengusaha Hortikultura

WONOGIRI - Meski disibukkan dengan tugas negara di kepolisian, anggota Polsek Wuryantoro ini masih menyempatkan diri untuk mengembangkan potensi pertanian, khususnya tanaman holtikultura. Jatuh bangun dilalui merintis ini. Namun berkat kerja kerasnya, saat ini polisi berpangkat Bripka ini sudah mampu membangun jaringan pemasaran dan pembuatan bibit serta gudang penyimpanan hasil panen. Bagaimana kisahnya?

Bripka Sigit Purwanto yang kini menjabat Kanit Intelkam Polsek Wuryantoro ini mulai menekuni tanaman holtikultura sejak 2010. Dunia ini sudah tidak asing lagi bagi Sigit, karena dia sudah mengenal pertanian sejak kecil di desanya di Kabupaten Grobogan. Namun pria kelahiran 1984 ini sekarang telah menetap di Desa Ngrandu, Kecamatan Eromoko, Wonogiri bersama istri dan dua anaknya. Di Eromoko pula, Sigit mengembangkan holtikultura. “Selain punya tanah sendiri, saya juga menyewa,” kata Sigit.

Diakuinya, dirinya tidak tertarik menanam padi, lantaran tanaman padi terlalu banyak spekulasi dan permainan harga. Karena itu, Sigit lebih memilih menanam tanaman holtikultura.  “Saya lebih memilih menanam melon, semangka, cabai dan bawang merah,” terangnya.

Awal-awal menekuni ini, dirinya sempat gagal. Bahkan, saat menanam melon dirinya sempat mengalami kerugian hingga Rp 100 juta lebih karena ada orang yang iri meracuni tanaman melonnya.

“Saya tidak apa-apa, tapi pekerja pada menangis semua. Karena melon saya sudah dikenal di pasar induk. Orang-orang mengenal melon saya, melonya pak polisi begitu,” katanya.

Sigit sendiri mengawali karir di kepolisian sejak 2004 lalu, kemudian ditugaskan di Polres Sragen, sebelum akhirnya pindah tugas di Polres Wonogiri. Melalui dinas di kepolisian inilah, Sigit mampu membangun jaringan penjualan hasil panennya. Bahkan, dirinya berani menjamin para petani yang mengikuti jejaknya akan dia bantu memasarkan hasil panennya. “Intinnya itu saya mau membantu petani untuk meningkatkan kesejahteraan petani,” katanya.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar