Melongok Wacana Pengembangan Pemandian Pluneng

KLATEN - Pemandian Pluneng di Desa Pluneng, Kecamatan Kebonarum jadi salah satu potensi wisata air andalan Klaten. Rencananya, pengembangan Pemandian Pluneng akan dibangun kolam renang standar internasional. Berikut wacana yang bakal direalisasikan.

Pemandian Pluneng siang itu tampak ramai dengan pengunjung yang didominasi personel TNI. Mereka mencoba berenang dari ujung ke ujung dari pada kolam renang berukuran 50 meter x 20 meter. Ya, keberadaan kolam renang ini, seringkali digunakan personel TNI untuk mengasah keterampilannya dalam berenang.

Keberadaan pemandian Pluneng kini tak sekadar digunakan tempat wisata air. Tapi beberapa kali menjadi tempat berlatih oleh sejumlah atlet renang dari berbagai daerah. Bahkan juga pernah digunakan untuk menyelenggarakan event-event perlombaan renang.

Potensi inilah yang dilirik oleh Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Klaten untuk mengembangkan pemandian Pluneng dengan pembangunan kolam renang standar internasional. Namun pengembangan belum bisa dilakukan tahun ini, karena akan diprioritas untuk pembangunan water boom. “Kami berharap pada 2018 nanti masyarakat sudah menyambut pengembangan kolam renang berstandar internasional,” papar Kepala Disbudparpora Klaten, Joko Wiyono, Kamis (9/3).

Sejak awal Disbudpapora sebenarnya lebih memprioritas pembangunan kolam renang pada tahun ini, karena potensi sumber mata air yang berlimpah. Terlebih, meski Klaten memiliki sumber mata air tapi justru belum memiliki kolam renang standar internasional. Karena itu pihaknya berkeinginan agar kedepannya bisa segera diwujudkan. Sehingga bisa digunakan sebagai sarana olahraga air.

Joko menilai Klaten yang letaknya cukup strategis diapit Solo dan Jogja sudah saatnya memiliki sarana kolam renang standar internasional. Karena apabila itu benar-benar terealisasikan, maka akan menarik pecinta olahraga air di sekitar Klaten untuk datang ke pemandian Pluneng. Termasuk bisa menjadikan Klaten sebagai tuan rumah penyelenggaraan event-event olahraga air secara internasional.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar