Cara Unik Sosialisasi Operasi Simpatik, Bagi-bagi Roti sampai Ngamen
BERITA TERKAIT

WONOGIRI – Mendengar kata tilang, tentu segelintir Masyarakat ada yang cukup was-was saat tengah berkendara. Demi menjaga ketertiban bersama Polisi di eks-Karesidenan Surakarta, terus melakukan inovasi untuk mensosialisasi soal Operasi Simpatik Candi (OSC) 2017.

Langkah unik itu terlihat di Terminal Giri Adipura Wonogiri pagi kemarin (10/3). Sejumlah Polisi hadir disana, bukannya membawa senapan laras panjang melainkan malah mengalungkan gitar akustik untuk masuk ke dalam terminal.

Dibelakangan Polisi dan Polwan-Polwan cantik tersebut, ikut hadir segerombolan pengamen jalanan. Pikiran yang tumbuh bahwa pengamen itu baru saja diamankan oleh pihak kepolisian tentu saja ada yang benggapan seperti itu. Tapi ketika rombongan ini masuk ke dalam salah satu bus yang tengah hendak berjalan dan rombongan itu kompak menyanyikan beberapa lagu, akhirnya baru paham tujuan dari aksi tersebut.

”Melalui Pelaksanaan Operasi Simpatik Candi 2017 ini, kami berinovasi dengan menggandeng musisi jalanan untuk mengiringi himbauan yang disampaikan anggota Sat Lantas Polres Wonogiri,” kata Kapolres Wonogiri AKBP Ronald R Rumondor melalui Kasat Lantas AKP Sri Anggono.

Setelah selesai menyanyikan satu lagu dangdut, Kasat Lantas yang turut hadir disana mulai menyampaikan sosialisasi terkait keselamatan berkendara. Melalui pengeras suara Kasat Lantas menyerukan kepada para penumpang bus, supaya dalam mengendarai kendaraan bermotor untuk wajib melengkapi dokumen surat kendaraan manakala tengah berkendaraan di jalan.

”Tujuan kami dengan ide kreatif ini agar masyarakat mau mendengarkan himbauan yang diberikan petugas Polri. Sambil relax mendengarkan musik, tentu pesan tentang kamseltibcar (keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran) lalu lintas akan lebih mudah penyampaian itu diterima. Harapannya dengan cara-cara yang humanis ini himbauan kami bisa lebih mengena di hati masyarakat. Kami lebih mengutamakan membangun kesadaran dengan operasi simpatik, bukan mengedepankan penindakan,” ucap Anggono.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar