Amankan Paskah, Polres Klaten Siagakan Personel

KLATEN – Dalam rangkaian perayaan Paskah, Polres Klaten melakukan penyisiran dan sterilisasi terhadap beberapa gereja sejak Kamis (13/4) lalu. Polres Klaten tak ingin kekhusyukan dalam ibadah umat Kristiani terganggu. Karena itu, pengamanan di sejumlah gereja di Klaten akan dilakukan hingga perayaan puncak Paskah pada Minggu (16/4) mendatang.

“Kami menerjunkan sepertiga kekuatan kami untuk melakukan pengamanan di seluruh gereja dan sejumlah tempat vital selama liburan panjang. Sekitar 300 personel kami siagakan mulai dari pengamanan gereja hingga patroli skala besar,” papar Kapolres Klaten AKBP Muhammad Darwis, Jumat (14/4).

Dijelaskan Darwis, dalam pengamanan gereja dilakukan sterilisasi dengan melibatkan unit anjing pelacak (K9) untuk mencari benda-benda yang dianggap mencurigakan. Petugas juga menggunakan metal detector dan mirror yang diberlakukan kepada seluruh umat yang datang ke gereja.

Tak hanya itu, disiagakan personel satu pleton yang on call atau bisa diperintahkan sewaktu-waktu jika ada keadaaan mendesak. Dalam pengamanan tersebut, tentunya polisi bekerja sama dengan petugas keamanan masing-masing gereja.

“Nantinya setiap gereja dijaga oleh dua hingga empat personel. Pengamanan ini bertujuan untuk menjamin kelancaran pelaksanaan ibadah. Termasuk mengatur arus lalu lintas maupun mengamankan dari ancaman teroris atau kejahatan lainnya,” jelasnya.

Di sisi lain, adanya dugaan pelemparan petasan di gereja di Ambarawa menjadikan Polres Klaten lebih meningkatkan pengamanan gereja. Salah satunya dengan menurunkan personel kepolisian dengan tak mengenakan seragam, agar keberadaannya tak diketahui. Diharapkan mereka bisa mengamati pergerakan yang mencurigakan di sekitar gereja.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar