Belajar Olah Alternatif Karbohidrat

SOLO - Italia selama ini terkenal akan ikon kulinernya, yakni pasta dan pizza. Namun, negeri yang terletak di sebelah utara Laut Mediterania tersebut sebenarnya memiliki salah satu olahan karbohidrat yang sangat legendaris. Namanya polenta.

Polenta merupakan makanan tradisional Italia Utara, berupa tepung jagung. Polenta dikenal sebagai makanan rakyat dan jadi santapan prajurit Roma. “Bahannya dari tepung jagung, dan cara mengolahnya sangat simpel, “ tutur Chef Herman Jojo saat mengisi Cooking Demo di RnB Resto Sabtu (15/4).

Ya, Chef Jojo ingin mengenalkan pilihan menu lain dari Negeri Italia, selain pasta dan pizza yang sudah banyak dikenal. Selain itu, dia ingin menunjukkan alternatif sumber karbohidrat, di luar nasi, kentang, dan roti.

“Mengolahnya hanya campur polenta dengan air mendidih atau kaldu. Kalau untuk vegetarian, ya kasih saja kaldu vegetarian. Tambahkan parmesan, kemudian angkat, udah gitu saja,” terangnya.

Polenta ini bisa dikombinasikan dengan berbagai sayuran, daging. Bahkan, bisa juga digunakan membuat cake, bubur polenta, polenta kroket, dan lain-lain. “Untuk demo masak ini, kami menggunakan bahan yang mudah didapat, yakni daging striploin.

Daging striploin dimarinasi dengan cajun, paprika powder, fresh thyme, garlic powder, dan fresh rosemary. Sehingga menghasilkan rasa gurih dan segar. Sebagai tambahan rasa, di atas daging tersebut ia tambahkan rachlette cheese, merupakan keju semi keras dengan rasa sedikit pahit, namun dominan gurih. Sedangkan untuk sayuran, ia meracik lettuce salad dengan kewpie sesame roasted dressing salads.

Dalam sesi demo mengolah daging, Chef Jojo juga memberikan alternatif memasak daging steak tanpa menggunakan oven. Namun, hanya menggunakan peralatan yang simpel seperti wajan. Harapannya pengunjung bisa menikmati steak olahannya sendiri di rumah, terutama bagi yang tak memiliki oven. (pus/ria)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar