Stok dan Harga Pangan di Pasar Diawasi Ketat
BERITA TERKAIT

SUKOHARJO – Kini distributor bahan pangan punya kewajiban untuk rutin melaporkan kondisi stok komoditas dan harga jual kepada petugas Dinas Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil dan Menengah (Disperindagkop dan UKM) Sukoharjo. Ini sebagai upaya pengawasan pemerintah demi menjaga stabilitas harga dan jaminan ketersediaan barang, terutama jelang Ramadan hingga Lebaran.

 

Kepala Disperindagkop dan UKM Sukoharjo Sutarmo mengatakan, pihaknya sudah mendapatkan edaran dari pemerintah pusat melalui Kementerian Perdagangan terkait upaya menjaga stabilitas harga dan ketersediaan stok bahan pangan. Salah satunya dengan mewajibkan distributor memberi laporan perkembangan terakhir, baik stok maupun harga ke petugas.

 

Petugas juga akan melakukan pantauan langsung ke sejumlah pusat perdagangan, seperti pasar tradisional maupun modern. Perkembangan data harus dicatat dengan valid dan dilaporkan sebagai bagian dari evaluasi ke depan.

”Distributor besar sekarang diwajibkan membuat laporan. Penekanannya untuk menjaga stabilitas harga dan jaminan ketersediaan stok bahan pangan, khususnya jelang puasa dan Lebaran,” ujar Sutarmo.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar