Sering Dibentak Direktur, Karyawan Demo
BERITA TERKAIT

WONOGIRI - Ribuan buruh pabrik pakaian di Ngadirojo menggelar aksi, kemarin. Demo ini dipicu perlakuan kasar  direktur asal Korea yang baru.

Dari pantauan Jawa Pos Radar Wonogiri di depan pintu gerbang pabrik, para buruh yang hampir 95 persen wanita itu telah memenuhi jalan masuk ke pabrik sekitar pukul 08.00. Bahkan aksi mereka sempat membuat jalan raya Ngadirojo-Sidoharjo tersendat.

“Sejak pagi sudah demo. Aksi mereka spontan karena mengganggu lalu lintas, lalu kami imbau untuk melakukan aksi mereka ke dalam pabrik,” kata Kapolsek Ngadirojo AKP Budiyono, mewakili Kapolres Wonogiri AKBP Mohammad Tora, Selasa kemarin (18/4).

Kepala Kesbangpol Wonogiri Sulardi, Camat Ngadirojo Agus Hendradi dan Kapolsek Ngadirojo AKP Budiyono diikuti beberapa perwakilan karyawan melakukan negosiasi di dalam pabrik. Para awak media tidak diizinkan masuk oleh pihak keamanan pabrik. Meski begitu, usai melakukan negosiasi, Sulardi mengatakan bahwa ada dua tuntutan yang disampaikan oleh para pengunjuk rasa.

“Mereka menuntut direktur yang dulu Mr. Soon kembali menjadi direktur pabrik, karena direktur sekarang baru sebulan menjabat sering membentak karyawan. Tuntutan kedua, direktur asal Korea tidak boleh kasar kepada pegawai (membentak),” kata Sulardi yang ditemui di pintu gerbang pabrik itu.

Lebih lanjut dikatakan Sulardi, diagendakan Jumat pekan ini, Mr. Soon akan menemui para karyawan. Kemudian, pihak perusahaan akan melakukan negosiasi selanjutnya. 

Aksi demo selesai sekitar pukul 10. 30. Kemudian buruh dibubarkan untuk pulang ke rumah masing-masing. Sedangkan pihak perusahaan belum bisa dikonfirmasi atas demo buruh ini. (kwl/bun)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar