Dispendukcapil Wonogiri Jemput Bola Akta Lahir

WONOGIRI - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Wonogiri menerapkan sistem jemput bola untuk melayani pembuatan akta lahir dan kematian di kecamatan-kecamatan. Syaratnya pun dipermudah agar program ini benar-benar bermanfaat untuk masyarakat. 

Kepala Dispendukcapil Wonogiri Sungkono mengungkapkan, jemput bola pembuatan akta itu telah dilakukan di beberapa kecamatan. Antara lain Kecamatan Slogohimo, Purwantoro, Puhpelem, Bulukerto, Purwantoro, dan Kismantoro. 

“Sebelum dilakukan pembuatan akta lahir dan kematian di setiap kecamatan, kami terlebih dahulu menggelar sosialisasi. Ini sudah dimulai sejak 15 Maret lalu,” kata Sungkono, Selasa kemarin (18/4).

Menurut Sungkono, persyaratannya dipermudah sehingga dapat dimanfaatkan betul oleh masyarakat. Di sisi lain, pihaknya akan melakukan pencetakan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) di setiap kecamatan mulai tahun ini.

“Tapi, tahun ini baru sepuluh kecamatan yang sedang dipersiapkan untuk pelayanan pencetakan e-KTP tersebut. Karena, anggaran tahun ini baru bisa mencakup sepuluh kecamatan. Sisanya mudah-mudahan bisa dianggarkan pada APBD Perubahan 2017 atau APBD 2018 mendatang,” katanya.

Lebih lanjut, Sungkono mengatakan bahwa  pihaknya akan mempersiapkan sarana dan prasarana pencetakan e-KTP di kecamatan. Dengan demikian, pencetakan e-KTP di masa mendatang tidak perlu harus ke kantor dispendukcapil. (kwl/bun)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar