Jembatan Samudro Bakal Jadi Lokasi Wisata

SRAGEN – Kawasan Jembatan Samudro atau Jembatan Barong yang akan diresmikan pada saat HUT Sragen pada 24 Mei mendatang rencananya akan dijadikan kawasan wisata. Hal ini berkaitan dengan dekatnya lokasi kawasan tersebut menuju makam Pangeran Samudro di Gunung Kemukus.  Selain itu, sungai yang mengalir di bawahnya bisa menjadi daya tarik tersendiri.

Camat Sumberlawang Susilohono mengatakan, rencana ke depan, kawasan tersebut akan menjadi kawasan wisata. Sebelum adanya jembatan penghubung Kecamatan Sumberlawang dengan Kecamatan Miri, warga biasanya menyeberang menggunakan perahu. Namun aktivitas menyeberang menggunakan perahu dipastikan berkurang drastis setelah ada jembatan tersebut. Meski demikian dia menegaskan perahu di sekitar jembatan tersebut akan dipertahankan.

”Akan kami pertahankan, mengingat kawasan tersebut memang layak dan sangat berpotensi sebagai salah satu kawasan wisata. Tidak hanya wisata religi lewat pangeran Samudro, tapi juga wisata air,” tuturnya.

Dia menegaskan bahwa cukup banyak pemilik perahu dan menggantungkan hidupnya lewat perahu. Termasuk juga cukup banyak petani keramba di kawasan tersebut. Sehingga dengan disiapkan sebagai kawasan wisata tentu diharapkan semakin meningkatkan kesejahteraan warga sekitar.

Meski demikian, pihaknya menyampaikan bukan akan dicanangkan dalam waktu dekat. Masih perlu dimatangkan dengan dinas terkait. Sementara sebagai bentuk rasa syukur atas selesainya jembatan tersebut, akan digelar wayangan. Rencananya wayangan akan dilangsungkan di kawasan dermaga dekat dengan jembatan sepanjang 475 meter yang pembangunannya menelan anggaran sekitar Rp 14 miliar. (din/bun)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar