Pasar Darurat Klewer Ditutup Dua Hari

SOLO – Dua hari berturut-turut, dua agenda akbar bakal digelar di Kota Solo. Pertama, peresmian Pasar Klewer oleh Presiden Joko Widodo, Jumat (21/4). Berlanjut Sabtu (22/4), Tingalan Dalem Jumenengan di Keraton Kasunanan Surakarta yang dihadiri sejumlah menteri.

Berbagai persiapan dilakukan untuk menyukseskan kegiatan tersebut. Di antaranya menutup pasar darurat Klewer di Alun-Alun Utara Keraton Kasunanan Surakarta di hari yang sama.

“Sudah dirapatkan dengan seluruh pihak. Pasar darurat tutup dulu selama Jumenengan. Minimal prei (libur) sampai jam 2 (siang),” ujar Wali Kota Surakarta usai menggelar pertemuan bersama panitia Jumenengan di balai kota, Rabu (19/4).

Diterangkan Rudy, sejumlah pejabat yang akan hadir di Tingalan Dalem Jumenengan yakni Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono. Termasuk mantan Ketua DPR RI Marzuki Ali yang dahulu ikut mendukung rekonsiliasi kerabat Keraton Kasunanan.

Tak hanya pedagang di pasar darurat, pedagang di Pagelaran keraton serta pedagang kaki lima (PKL) di sekitar alun-alun utara juga diminta berhenti beraktivitas untuk sementara. Ini demi menjaga kondusivitas kawasan keraton dan memperlancar arus lalu lintas dari dan ke arah keraton. “Termasuk akan kita perbaiki sejumlah lokasi. Dicat dan dirapikan,” ungkap Rudy.

Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Surakarta Subagyo menyatakan, sudah melakukan komunikasi dengan pedagang melalui paguyuban-paguyuban. Dia memastikan seluruh pedagang memaklumi dan akan mematuhi perintah tersebut.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar