Perkuat Pancasila dari Desa

SOLO – Pancasila sebagai dasar negara menjadi rumusan dan pedoman kehidupan bagi seluruh rakyat Indonesia, baik dalam berbangsa dan bernegara. Tujuannya, agar tidak terjadi tindakan penyalahgunaan kewenangan.

Memperkuat tujuan tersebut, desa memiliki peran penting terhadap ideologi Pancasila. Hal itu disampaikan anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) dari Fraksi PDIP Bambang Wuryanto dalam sosialisasi dan seminar kebangsaan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Sebelas Maret (UNS) Senin (17/4).

“Desa memiliki arti dan peran yang penting dalam pembangunan serta memperkuat ideologi Pancasila sebagai dasar negara,” ujar anggota MPR dan DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Jawa Tengah IV tersebut.

Dalam seminar tersebut juga menghadirkan narasumber Dosen Tata Negara Fakultas Hukum UNS Agus Rikwanto. Agus menyampaikan materi tentang Tinjauan Hukum Kedudukan Desa dan Penguatan Dasar Pancasila. Kemudian, Dosen Administrasi Negara FISIP UNS Didik G. Suharto yang menyampaikan materi Peran Desa dalam Pembangunan dalam Memperkuat Pancasila dan Kebhinekaan. (aya/ria)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar