231 KK Korban Bencana di Karanganyar Terima Bansos dari Pemkab

KARANGANYAR – Penyerahan bantuan sosial (bansos) keuangan tahap I kepada korban bencana direalisasi oleh Pemerintah Kabupaten Karanganyar. Tercatat, sebanyak 231 kepala keluarga (KK) korban bencana di wilayah Kabupaten Karanganyar menerima bansos melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar.

Bertempat di pendopo rumah dinas bupati, Rabu (19/4) sore, penyerahan bantuan dilakukan oleh Wakil Bupati Karanganyar Rohadi Widodo didampingi Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar, Bambang Djatmiko.

Dikatakan Bambang Djatmiko, penyerahan bansos keuangan dari pemerintah tersebut bagi korban yang mengalami bencana pada November dan Desember 2016 hingga Maret 2017.

“Ini tahap pertama kita lakukan pencairan di tahun 2017. Ada sekitar 231 KK yang mendapatkan bantuan tersebut dengan total anggaran Rp 421.450.000. Sedangkan bencana alam yang terjadi pada bulan April akan kita serahkan pada pemberian tahap II,” terang Bambang.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Karanganyar Rohadi Widodo menyatakan, bantuan yang diberikan kepada para korban bencana alam berbeda-beda katergori. Untuk kerusakan ringan sampai dengan berat, bantuan yang disalurkan besarnya sekitar Rp 1,5 juta sampai Rp 5 juta. Lantas, untuk korban meninggal dunia dan mengalami luka mendapatkan bantuan sebesar Rp 3 juta.

Mengenai rencana relokasi terhadap sejumlah warga yang terancam bencana. Rohadi mengaku belum bisa merealisasi. Alasannya, masyarakat setempat belum berkenan meninggalkan rumahnya.

“Belumlah, relokasi itu kan tidak gampang. Warga juga kadang susah untuk meninggalkan rumah lamanya itu. Jadi selama kita mampu menganggarkan, maka pemerintah akan memberikan bantuan,” tegas Rohadi. (rud/mas)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar