19 Prajurit Dikmapa PSDP Penerbang TNI A-32 Diwisuda

SOLO – Alat Utama Sistem Pertahanan (Alutsita) berupa Helikopter dan Pesawat bukan lagi didominasi oleh Jajaran TNI Angkatan Udara, namun juga TNI Angkatan Darat dan Angkatan Laut, sehingga dibutuhkan perajurit dengan skill penerbangan. Untuk itu sedikitnya 19 orang Prajurit Sukarela Dinas Pendek (PSDP) diwisuda Kamis (20/4) kemarin.

Setelah melakukan pendidikan dasar ini, 19 orang ini akan menempuh pendidikan 1,5 tahun sebagai perwira penerbang. “Seleksi sama dengan yang lain, jadi ini memang dipersiapkan sesuai denga kebutuhan Mabes TNI untuk nantinya di ploting untuk ke AD dan AL, “ ungkap Komandan Komando Pembinaan Dokrin, Pendidikan, dan Latihan Mayor Jenderal Agung Resdhianto.

Para prajurit sendiri, lanjut Agung, nantinya akan memiliki masa tugas salama 10 tahun, setelah itu mereka bebas memilih, apakah akan melanjutkan karir di dunia militer, atau keluar sebagai tenaga penerbangan Sipil. “Nanti terserah mereka, kalau terus meniti karir sebagai pembela bangsa, tidak sedikit juga yang karirnya melonjak, bahkan ada yang awalnya dari PSDP, sekarang sudah berpangkat Kolonel,” katanya.

Dari pantauan Jawa Pos Radar Solo rasa bangga sebagai prajurit terpancar jelas dari wajah para peserta pendidikan. Berulang kali terlihat mereka menahan air mata kebahagiaan setelah berhasil melampaui pendidikan selama 5 bulan lamanya. Para orang tua siswa yang juga datang dalam upacara wisuda ini juga terlihat bangga melihat anak-anaknya kemarin.

Kepada prajurit, Agung berpesan agar tetap semangat dalam mengikuti serangkaian pendidikan dan karir selanjutkan. “Buktikan bahwa kalian merupakan orang-orang yang terpili. Jaga terus nama baik angkatan, terus belajar dan berlatih, untuk mendapatkan kemampuan dan keterampilan sebagai bekal dalam pelaksanaan tugas nanti,” pungkasnya. (atn)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar