Persiapan Pilgub, KPU Sukoharjo Petakan Data Pemilih
BERITA TERKAIT

SUKOHARJO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo mulai melakukan persiapan menyambut Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018 mendatang. Pihaknya mulai merapatkan barisan dengan dinas terkait. Koordinasi terakhir telah dilakukan upaya singkronisasi data pemilih.

Ketua KPU Sukoharjo, Kuswanto mengatakan, pihaknya telah memulai menyiapkan berbagai data menyambut Pilgub 2018. ”Kami sudah melakukan rapat koordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil), Dinas Kominfo, dan Pemerintahan Desa (Pemdes),” katanya kepada Radar Sukoharjo kemarin (12/5).

Rapat koordinasi terkait data pemilih ini penting dilakukan sejak dini. Tujuannya untuk singkronisasi, keakuratan data, dan akuntabel. Selain Pilgub 2018, bisa untuk Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Singkronisasi data tidak selesai hanya dalam satu pembahasan saja. Ke depan akan terus di-update data pemilihnya. Kuswanto mengatakan data penduduk Sukoharjo mengalami peningkatan. Pada akhir 2016, ada 893.914 jiwa. Sedangkan catatan Dispendukcapil hingga 25 April 2017, penduduk Sukoharjo bertambah jadi 914.677 jiwa.

Dalam rapat koordianasi ini, juga ditekankan penguatan petugas register di kelurahan. Sementara itu, kominfo ditekankan pada penyediaan layanan surat layanan umum terpadu secara online.

”Penempatan petugas register yang profesional dan terpadu di tiap kelurahan/desa dengan tugas pencatatan dalam buku harian. Seperti buku mutasi penduduk dan buku induk penduduk dan pemrosesan penerbitan penerbitan dokumen kependudukan serta menjadi penghubung dan penyampaian pengambilan dokumen kependudukan,” ujar Kuswanto.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar