Pabrik Tripleks Kobong, Kerugian Belasan Miliar

KARANGANYAR – Belum genap setahun berdiri, sebuah gudang dan sekaligus pabrik pembuatan tripleks, milik PT Trikarya Baru terbakar, Minggu dini hari (14/5). Kebakaran pabrik yang berada di kawasan Dukuh Wonoharjo, RT 02 RW 08, Desa Wonorejo, Gondangrejo, Karanganyar, tepatnya di jalan Solo-Purwodadi Km 6 tersebut terjadi sekitar pukul 04.30 WIB.

Menurut keterangan sejumlah saksi, kebakaran yang menimpa PT Trikarya Baru tersebut bermula saat salah seorang karyawan berniat menambahkan kayu di mesin oven. Namun api dari tungku pengapian di sisi belakang mesin keluar, menjilat bangunan pabrik. Melihat kondisi ini, karyawan tersebut seketika berlari keluar meminta bantuan seorang rekannya dan security.

Naas, saat kembali ke dalam, mereka mendapati api sudah menjalar ke bangunan pabrik. Api kian membesar setelah menyambar tumpukan kayu yang berada di dekat mesin oven. Dalam waktu singkat, api sudah merembet ke seluruh bangunan pabrik.

”Saya saat itu sedang jaga di bagian depan pabrik. Ada karyawan yang teriak-teriak kebakaran dari dalam ruang produksi. Setelah dicek semunya, ternyata api sudah merambat ke atas dan membakar semua bahan tripleks. Tidak ada 5 menit, api langsung merembet ke bangunan karena semuanya dari bahan tripleks juga,” kata Riyadi, 49, security PT Trikarya Baru kepada Radar Karanganyar.

Kejadian ini segera dilaporkan ke Mapolsek Gondangrejo untuk segera didatangkan pasukan pemadam kebakaran. Tak lama berselang, belasan unit mobil dari Dinas Pemadam Kebakaran Surakarta, Karanganyar, Sragen, Boyolali, dan Sukoharjo datang dan berupaya memadamkan api. Dibantu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), TNI, dan Polri, api akhirnya berhasil dijinakkan sekitar pukul 09.00 WIB.

Kapolres Karanganyar, AKBP Ade Safri Simanjuntak melalui Kapolsek Gondangrejo, AKP Sugeng Dwiyanto mengaku segera melakukan proses identifikasi. Polsek sudah meminta keterangan sekitar 4 orang sebagai saksi. Tiga orang pekerja atau karyawan, dan seorang security.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar