Desa Gumpang Jadi Percontohan Tempat Pengelolaan Sampah 3R

SUKOHARJO – Desa Gumpang Kecamatan Kartasura menjadi proyek percontohan tempat pengelolaan sampah (TPS) 3R (reduce, reuse, recycle) di Sukoharjo. Harapannya lingkungan di desa tersebut dapat bersih dari persoalan sampah. Ke depan, keberadaan TPS 3R ini akan lebih dikembangkan.

Selain desa Gumpang, ada dua desa yang menjadi percontohan TPS 3R tersebut yakni Desa Kwarasan, Kecamatan Grogol; dan Desa Gonilan, Kecamatan Kartasura. TPS 3R berarti Reuse, Reduce, dan Recyle. ”TPS 3R dijaga dan dikelola oleh pengurus KSM Bina Sakina,” terang Kepala Desa Kwarasan, Kecamatan Grogol Suratno saat peresmian TPS 3R kemarin.

Ketua KSM Bina Sakina Suroto menjelaskan, pembangunan TPS 3R mendapat bantuan sebesar Rp 580 juta. Pemkab Sukoharjo juga memberikan bantuan mesin pencacah organik dan anorganik, mesin pencacah ranting besar dan kecil, mesin pemilahan, mesin granule untuk membuat pakan dan pupuk, mesin mixer dan mesin pengering. ”Usai diresmikan maka TPS 3R bisa langsung digunakan bersama,” ujarnya.

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya mengatakan, persoalan sampah menjadi masalah internasional. Sampah apabila tidak dikelola dengan benar maka menjadi masalah lebih besar. Sebab dampaknya akan mengotori lingkungan.

Pemkab Sukoharjo kemudian mengambil inisiatif untuk membangun TPS 3R dengan wilayah percontohan di tiga desa. Diharapkan tempat tersebut akan bermanfaat untuk masyarakat. Dia mengatakan, sampah adalah emas terpendam. Melalui TPS 3R sampah menjadi hal berharga.

Para pengurus yang diberikan tanggung jawab pengelolaan TPS 3R juga diminta untuk serius bekerja. Sebab maju tidaknya pengelolaan menjadi tanggungjawab pengurus. ”Masyarakat juga harus mendukung keberadaan TPS 3R. Sebab sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah sampah termasuk juga pemberdayaan bersama,” terang dia.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Sukoharjo Suraji mengatakan, pemkab baru merealisasikan pembangunan tiga TPS 3R. Selanjutnya akan dilakukan pembangunan lanjutan di wilayah lain. (yan/bun)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar