Bupati Juliyatmono Suntik Motivasi Peserta US SD

KARANGANYARBupati Karanganyar, Juliyatmono kembali menjanjikan reward kepada siswa SD/MI yang mendapatkan nilai 100. Khusus pelajaran matematika pada Ujian Sekolah (US) SD tahun ini. Hal ini disampaikan Yuli –sapaan Juliyatmono– usai mengecek langsung proses US di SDN Papahan I, kemarin pagi (16/5).

Yuli menyatakan, tahun lalu ada sekitar 600 siswa SD yang berhasil mendapatkan reward berupa uang masing-masing Rp 100 ribu. Lantaran meraih nilai 100 dalam pelajaran matematika. Tahun ini, Yuli berharap kuantitas peraih nilai 100 bertambah. Terkait reward, sudah dianggarkan pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2017. Tahun lalu, Yukli merogoh kocek sendiri saat memberikan reward.

”Saya berharap ada kenaikan dari tahun sebelumnya. Kalau bisa sampai 1.000 siswa. Karena kami sudah berusaha melatih semua guru kelas VI se-Karanganyar untuk dikenalkan dengan metode paling mudah dalam belajar matematika,” kata Yuli kepada Radar Karanganyar.

Yuli berpesan, peserta US lebih bersungguh-sungguh, teliti, dan cermat saat mengerjakan soal. Supaya hasil yang dicapai memuaskan. Karena, bupati kembali menjanjikan hadiah Rp 100.000 untuk siswa yang bisa meraih nilai sempurna.

”Itu sekadar untuk memacu semangat belajar siswa. Agar serius dan tidak menganggap remeh ujian SD ini. Meski hasil berapa pun tidak memberikan pengaruh pada kelulusan siswa. Tapi hasil ujian menjadi tolok ukur kami terhadap pendidikan di Karanganyar,” papar Yuli.

Tak hanya peserta didik, Yuli juga akan memberikan reward kepada guru kelas VI SD. Semakin banyak siswanya yang meraih nilai 100, akan semakin besar nilai tali asihnya. ”Guru juga kami beri penghargaan. Karena pemerintah akan melakukan pemantuan terhadap peserta didik dari SD hingga perguruan tinggi,” tegas Bupati.

Karanganyar tahun lalu berhasil menembus ranking pertama dan terbaik dari keberhasilan proses belajar mengajar tingkat SD di tingkat Provinsi Jateng. Prestasi ini jadi pendorong semua kalangan agar semakin baik dalam mengelola proses belajar mengajar siswa SD. (rud/fer)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar