Hidroponik Serba Simpel

SOLO – Tak hanya sebagai penghijauan, tanaman juga bisa menjadi sarana refreshing atau hiburan bagi kalangan pehobi. Namun, kegiatan bercocok tanam ini seringkali terhambat lantaran keterbatasan lahan.

Biasanya teknik menanam nontanah atau hidroponik dipilih sebagai solusi. Kendati cukup mudah, namun menanam dengan teknik ini pun tak bisa sembarangan.

Kepala Toko Trubus Area Soloraya Thomas Eko Saputro menjelaskan, hidroponik merupakan budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah. Teknik ini lebih menekankan pada pemenuhan nutrisi bagi tumbuhan.

Namun demikian, kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit dibandingkan pada tanaman konvensional. Pemilik tanaman tidak perlu meluangkan waktu yang banyak untuk merawatnya.

”Di Solo, pegiat hidroponik lebih banyak dari kalangan pehobi. Untuk komersial masih sangat jarang. Hidroponik cocok bagi orang yang tidak memiliki banyak lahan atau kalangan yang sibuk kerja. Karena tidak dituntut untuk selalu mengecek tanaman,” terang Thomas saat ditemui Jawa Pos Radar Solo kemarin (15/5).

Bibit yang biasa dijadikan untuk tanaman hidroponik berupa bayam, kangkung, sawi, dan tanaman hijau lainnya. Untuk perawatan tidak jauh berbeda dengan tanaman konvensional pada umumnya.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar