Setelah Air Terjun, Kecamatan Jatinom Juga Miliki Sendang yang Eksotis

KLATEN - Setelah menikmati Air Terjun Gemulai setinggi 12 meter bisa langsung melanjutkan perjalanan ke Sendang Gunung Dele. Sendang ini masih satu kawasan dengan wisata Gunung Dele di Desa Krajan, Kecamatan Jatinom. Potensi apa saja yang menarik dari Sendang Gunung Dele?

Kawasan pesona wisata Gunung Dele masih menyisakan sejumlah lokasi yang layak disinggahi. Salah satunya Sendang Gunung Dele. Jarak yang ditempuh antara air terjun dengan sendang sebenarnya kurang dari 50 meter, tapi pengunjung harus melintasi bebatuan sungai serta jalan setapak lagi.

Keberadaan objek wisata di kawasan Gunung Dele yang relatif baru sehingga belum ada fasilitas yang memadai. Seluruhnya masih dalam proses pengelolaan Karangtaruna Bina Remaja Desa Krajan yang baru berjalan 11 hari. Bahkan akses untuk jalan masuk baru dibuka oleh karangtaruna dengan menebangi sejumlah rumpun bambu serta menata batuan kali sebagai alat bantu menyeberangkan wisatawan ke sejumlah objek wisata di sana.

Wakil Ketua Karangtaruna Bina Remaja Desa Krajan, Arifin Wahyu Nugroho, 31, mengatakan, bebatuan kali sengaja di tata untuk mencapai ke sendang. Termasuk adanya seutas tali yang membentang dilengkapi bola plastik warna-warni. Hal itu menjadi penanda wisatawan untuk tidak melewati tali tersebut.

“Sengaja kita pasang tali itu agar wisatawan tak terlalu ke tengah sendang, karena sangat membahayakan. Soalnya kedalaman sendang makin ke tengah makin dalam, karena bentuk sendang ini seperti gentong. Terbukti kalau rumpun bambu dimasukkan ke dalamnya bisa mencapai sekitar 5 meter sampai 7 meter,” jelas Arifin akhir pekan lalu.

Arifin mengatakan, selain memberikan batas tali tersebut pihaknya juga menyediakan penjaga dari karangtaruna untuk mengawasi kegiatan wisatan di Sendang Gunung Dele tersebut. Pasalnya, pusaran air di dalam sendang yang cukup kuat akibat aliran sungai yang deras. Hal ini membuat wisatawan yang berenang ke sendang bisa tersedot sehingga dibatasi oleh tali dengan bola warna-warni agar tidak menengah.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar