Pemkab Boyolali Pacu Pengembangan Teknologi Tepat Guna

BOYOLALI – Upaya dari siswa SMA sederajat di Boyolali dalam menciptakan teknologi tepat guna (TTG) yang bermanfaat langsung bagi masyarakat ternyata tak sia-sia. Pemerintah kabupaten (Pemkab) Boyolali bakal mengembangkan hasil dari lomba TTG yang diselenggarakan oleh Dinas pemberdayaan masyarakat dan desa (Dispermasdes) Boyolali, kemarin (17/5).

 

Lomba tersebut diikuti sebanyak 23 perwakilan sekolah SMA sederajat se-Boyolali. Setiap sekolah membuat teknologi yang bermanfaat bagi masyarakat. Diantaranya, penjernih air dari daun pepaya dan ranting daun pisang, pengusir hama tikus, pengolahan sampah dan lain sebagainya. Bahkan ada juga salah satu karya siswa yang sangat bermafaat untuk menjaga rumah dan obat untuk mencegah diabetes. “Kami akan koordinasikan dengan OPD lain, agar karya dari anak-anak Boyolali bisa bermanfaat bagi masyarakat,” papar Kepala Dispermasdes Boyolali, Purwanto, disela-sela pelaksanaan lomba TTG se-Boyolali.

 

Dijelaskan Purwanto, tujuan diadakan lomba karya teknologi ini untuk memupuk kreatifitas siswa dalam pengembangan teknologi tepat guna. Sekaligus agar hasil penelitian karya bisa membantu masyarakat. Seperti karya dari salah satu sekolah yang membuat teknologi pengurai sampah. “Kalau ini (Teknologi pengurai sampah, Red) dikembangkan bisa mengurangi produksi sampah rumah tangga dari masyarakat,” jelas Purwanto.

 

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar