Jamu Persis Solo, Persipon Siapkan Strategi Khusus

PONTIANAK – Persipon Pontianak memang belum bisa move on. Dari empat laga awal Grup 4 Liga 2, mereka belum sekali pun menang. Namun, tanda-tanda kebangkitan skuad Inyong Lolombulan sudah mulai tercium. Mereka tak terkalahkan di dua laga terakhir dengan catatan dua clean sheet. Kebangkitan inilah yang coba diantisipasi Persis Solo saat melawat ke markas Persipon, Stadion Sultan Syarif Abdurahman (SSA), sore ini.

Beban menggunung ada di pundak Widyantoro, pelatih Persis. Wiwid –sapaan akrabnya– dihadapkan sejumlah permasalahan teknis. Daya gedor Laskar Sambernyawa –julukan Persis– tereduksi signifikan. Setelah tandem Tri Handoko, Joko Prayitno dipastikan absen

Joko mengalami cedera hamstring saat meladeni Persipur Purwodadi pekan lalu. Striker asal Malang, Jawa Timur ini terpaksa tidak ikut terbang ke Pontianak. Praktis Wiwid harus memaksimalkan tenaga Rudiyana. Sialnya, mantan bomber Persib Bandung ini, yang biasanya menjadi deputi Joko, tak kunjung nyetel dengan Tri Handoko.

Handicap lain, cuaca Pontianak yang cukup ekstrem. Bermain dengan cuaca cukup panas bisa memforsir tenaga Agung Prasetyo dkk. Belum lagi kondisi lapangan Stadion SSA yang buruk. Wiwid sampai mewanti-wanti pasukannya dalam memainkan bola pendek. ”Pemain sudah terbiasa dengan kondisi lapangan seperti ini, karena sudah merasakan saat di Sragen, lalu di Purwodadi,” ujar Wiwid kepada Radar Solo usai uji coba lapangan kemarin (18/5).

Untungnya, rentetan handicap di atas tertutupi dengan kesialan Persipon saat bermain di kandang. Dua kali jadi host, Persipon menelan satu kekalahan dan sekali imbang. Kebetulan, aktor penyebab kekalahan Persipon tak lain tetangga Persis, Sragen United. Elang Khatulistiwa –julukan Persipon– menyerah 1-2 di laga perdana atas Sragen United.

Wiwid pun tak segan bakal meniru taktik Sragen United saat membekuk Persipon. Kala itu, tim asal Bumi Sukowati ini menumpuk banyak pemain di lini tengah. Formasi 4-4-2 yang menghasilkan 10 poin dari empat laga bakal ditanggalkan Wiwid. Sebagai ganti, diusung skema lone striker dengan pola 4-2-3-1.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar