Langgar Izin, Dua Bus Dikandangkan

KARANGANYAR - Dua dari empat bus yang akan beroperasi saat Lebaran mendatang terpaksa harus dikandangkan karena melanggar izin trayek dan tidak layak jalan. Kebijakan ini dilakukan untuk memastikan angkutan tersebut aman bagi pemudik.

Temuan tersebut diketahui setelah tim gabungan dari jajaran satuan lalu lintas Polres Karanganyar bersama dinas perhubungan perumahan dan kawasan permukiman (dishub PKP) setempat ketika mengecek langsung kondisi sejumlah bus antarkota dalam provinsi (AKDP) yang transit di Terminal Tegalgede, Karanganyar kemarin. Hasilnya, dua dari empat bus yang terkena sanksi tilang harus dikandangkan, dan mengakibatkan sejumlah penumpang harus berganti menggunakan bus lain.

Kapolres Karanganyar AKBP Ade Safri Simanjuntak yang langsung memimpin operasi gabungan tersebut mengatakan, pengecekan kondisi dan awak bus merupakan bentuk kesiapsiagaan Polres dan Dishub PKP Karanganyar menghadapi arus mudik Lebaran.

“Dari hasil tadi diketahui ada dua armada bus yang harus dikandangkan, lantaran bus tersebut melanggar izin trayek. Hal tersebut kami anggap fatal, karena berkaitan pengaturan, perencanaan, pengorganisasian, dan berpotensi konflik. Kalaupun ada lagi, nanti akan kita tindak tegas,” kata Kapolres.

Tidak hanya menggelar operasi gabungan pengecekan terhadap armada Lebaran. Tim juga melakukan pengecekan atau pemeriksaan urine terhadap sejumlah sopir bus, untuk mengetahui pasti apakah sopir dan bus mengonsumsi narkoba atau tidak.

“Kita juga memeriksa sejumlah sopir bus yang melintas berhenti di terminal ini. Dari hasil pemeriksaan sementara, hasilnya negatif, meskipun beberapa sopir mengaku dulu sempat mengonsumsi barang haram tersebut. Tetapi setelah kita tes hasilnya negatif dan mudah-mudahan mereka bisa membawa penumpang dengan selamat dan sampai tujuan,” papar Kapolres. (rud/bun)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar