Baznas Sragen Salurkan Zakat Rp 5,1 Miliar

SRAGEN – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sragen memfokuskan pemberdayaan ekonomi dengan mendistribusikan zakat kepada pedagang kecil. Harapannya ke depan para pelaku usaha kecil lebih sejahtera dan mampu menjadi penyetor zakat setelah mendapat bantuan.

Hasil zakat terkumpul mencapai Rp 5,172 miliar. Dana Baznas mayoritas dihimpun dari pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Sragen. Dari dana tersebut, 10 persen untuk amil zakat.

Ketua Baznas Sragen Mahmudi mengatakan, pada pentasarufan (pendistribusian) zakat yang dilakukan kemarin mencapai Rp 383 juta. ”Ini untuk unit pengumpul zakat, ormas Islam. Setiap ormas mendapat Rp 30 juta,” terangnya.

Baznas juga memberikan bantuan santunan kepada pekerja honorer. Total santunan tersebut mencapai Rp 150 juta untuk 1.500 orang. Sedangkan pada Selasa (20/6) nanti akan diberikan kepada 200 orang yang akan mendapat bantuan modal. Mereka pada umumnya para pedagang. Setiap orang akan mendapat bantuan masing-masing Rp 3 juta.

”Mereka yang sudah ada usahanya. Jadi mereka diharapkan menjadi muzaki (orang memberikan zakat),” tuturnya.

Dia menyampaikan, sudah ada tim yang menyeleksi orang yang akan mendapat bantuan. Pada kesempatan tersebut, total yang akan distribusikan Rp 700 juta. ”Tidak sekadar menerima permohonan saja, namun kita cek ke lapangan,” terangnya.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar