Pastikan Kelaikan Angkutan Lebaran, Bupati Juliyatmono Cek Kesiapan Armada

KARANGANYAR – Memastikan sejumlah angkutan Lebaran nyaman dan aman digunakan saat mudik Lebaran, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar bersama Satlantas Porles Karanganyar menggelar sidak, Kamis (15/6). Sidak dilakukan di sejumlah pangkalan atau garasi bus. Dipimpin langsung Bupati Karanganyar, Juliyatmono, didampingi Kepala Dinas Perhubungan dan Kawasan Pemukiman, Sundoro.

Sidak start dari bengkel sekaligus garasi Perusahaan Otobus (PO) Rosalia Indah di Ngringo, Jaten. Dilanjutkan di garasi PO Langsung Jaya di Dagen, Jaten. Pengecekan fokus pada kesiapan fisik dan nonfisik. Jika kondisi armada layak, tim menempelkan stiker di kaca depan.

”Pengeceken ini kami lakukan untuk mengingatkan manajemen PO. Agar angkutan Lebaran yang mereka siapkan dalam kondisi baik dan tidak membahayakan penumpang,” kata Yuli (sapaan Juliyatmono) kepada Radar Karanganyar. 

Selain kendaraan, sidak juga menyasar sopir bus. Sopir dicek kesehatannya sebelum mengemudikan armada. ”Semua harus lengkap. Baik itu kelengkapan armada maupun pengemudinya, seperti surat-surat selama berkendara,” sambung Sundoro.

 Direktur Utama PT Rosalia Indah, Suroso mengaku pihaknya menyiapkan 300 armada selama mudik Lebaran. Tersebar di seluruh wilayah dan semuanya sudah melalui masa uji coba dari teknisi.

Insyaallah semua lancar dan tidak ada kekurangan ataupun kendala apa-apa. Karena sebelum dioperasikan, semua kami cek,” tandas Suroso.

Sementara itu, Satlantas Polres Karanganyar juga menggelar operasi terhadap sejumlah bus yang melintas di perbatasan. Tepatnya di Pertigaan Sroyo, Jaten. Operasi menyasar bus antar kota antar propinsi (AKAP) maupun antar kota dalam provinsi (AKDP). (rud/fer)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar