Amankan Mudik Lebaran, Polres Klaten Siagakan 775 Personel

KLATEN – Polres Klaten bakal menerjunkan sebanyak 775 personelnya untuk pengamanan arus mudik dan balik Lebaran 2017. Petugas nantinya disebar di sejumlah objek vital, seperti jalur utama Jogja-Solo, jalan protokol dan jalur alternatif. Terutama ruas jalan yang diprediksi berpotensi rawan kemacetan maupun antrean panjang kendaraan bermotor.

“Apabila nantinya di jalan protokol mengalami kemacetan. Termasuk di perlintasan kereta api terjadi antrean kendaraan, maka kita siapkan jalur alternatif. Diharapkan pengguna kendaraan dapat melintasi jalur alternatif yang sudah kami sediakan agar kemacetan dapat terurai,” papar Kapolres Klaten AKBP Muhammad Darwis saat ditemui wartawan di aula Mapolres Klaten, Jumat (6/16).

Dijelaskan Darwis, berbagai persiapan menyambut arus mudik Lebaran juga disiapkan. Salah satunya dengan mendirikan pos pengamanan di tujuh titik. Yaitu di Sub Terminal Delanggu, Masjid Al Aqsha Klaten, Alun-alun Klaten, Terminal Ir Soekarno, perempatan RSUP Soeradji Tirtonegoro, Jogonalan dan Prambanan. Pihaknya memprediksi puncak arus mudik terjadi mulai H-3 hingga H-2 Lebaran.

“Kita prediksi kepadatan arus kendaraan masih terjadi hingga H+2 di seputar objek wisata yang ada di Klaten. Seperti di Candi Prambanan, Rowo Jombor dan Umbul Ponggok dengan menempatkan sejumlah personel. Penempatan personel di sejumlah objek vital ini untuk memberikan rasa nyaman kepada masyarakat pada momen Lebaran,” jelasnya.

Selain memaksimalkan personel, pihaknya juga melibatkan potensi masyarakat sehingga nantinya total personel yang bisa dikerahkan mencapai 1.129 personel untuk ikut serta dalam pengamanan selama arus mudik dan balik Lebaran. Diharapkan pendirian posko yang diinisiasi oleh sejumlah elemen masyarakat itu tak jauh dengan posko yang didirikan kepolisian.

“Posko kita dirikan dengan instansi terkait agar ketika terjadi kejadian bisa segera ditangani. Soalnya kalau semuanya dari Polres Klaten pergerakannya agak jauh. Karena itu kita bagi-bagi wilayah dalam mendatangi TKP sehingga bisa langsung sigap,” terangnya.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar