Dishub Wonogiri Gelar Razia, 14 Angkutan Umum Langgar Trayek

WONOGIRI - Pengawasan ketat dilakukan terhadap angkutan umum yang mengangkut para pemudik ke Wonogiri. Salah satunya dengan menggelar razia di Terminal Tipe A Giri Adipura Wonogiri. Hasilnya, ditemukan 14 angkutan umum melanggar trayek. 

Koordinator Terminal Tipe A Giri Adipura Wonogiri Agus Hasto Purwanto mengatakan, pemeriksaan angkutan umum ini menyasar pada sejumlah kelayakan kendaraan untuk digunakan mengangkut penumpang. Di antaranya surat kelengkapan, surat izin sopir hingga pengecekan trayek angkutan. 

“Pengecekan ini kami lakukan sejak 13 Juni lalu. Banyak temuan pelanggaran,” kata Agus, Jumat kemarin (16/6). 

Setidaknya, terdapat 20 kendaraan yang diperiksa. Sebanyak 15 kendaraan dikenai sanksi tilang dan lima kendaraan sisanya dikenakan teguran lisan. “Sebanyak 14 bus tidak mempunyai izin trayek di Wonogiri. Kita serahkan ke polisi untuk menindak. Lalu satu bus melakukan pelanggaran teknis,” katanya. 

Kapolres Wonogiri AKBP Mohammad Tora melalui Kasatlantas AKP Sri Anggono mengatakan bahwa kegiatan seperti ini akan terus dilakukan secara berkesinambungan hingga memasuki Lebaran. Pasalnya, peran angkutan umum sendiri terbilang sangat penting ketika arus mudik menjelang Lebaran.

“Selain untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas, kendaraan umum juga harus berjalan lancar mengingat kemacetan jalan yang kerap terjadi,” kata Anggono.

Wilayah Wonogiri selama ini memang menjadi jujugan maupun lalu lintas pemudik. Karena itu, penjagaan lalu lintas dan kondisi infrastruktur juga menjadi perhatian serius dari pemkab maupun Polres Wonogiri. (kwl/aw/bun)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar