Bupati Juliyatmono Ijinkan Mobil Dinas untuk Mudik Lebaran

KARANGANYAR – Meskipun Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB), Asman Abnur melarang Aparatur Sipil Negera (ASN) menggunakan mobil dinas (mobdin) untuk mudik Lebaran tahun ini. Ternyata hal tersebut bertolak belakang dengan kebijakan dari Pemerintah Kabupaten Karanganyar. Dimana Bupati Karanganyar Juliyatmono, justru mengijinkan Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk menggunakan mobil dinas sebagai kendaraan selama perayaan lebaran.

Meski Bupati mengijinkan, pengguna atau pemegang mobil tersebut tidak berhak menerima fasilitas apapun diwaktu cuti bersama nanti terkait penggunaan kendaaran tersebut. Semua resiko selama menggunakan mobil dinas, harus ditanggung oleh penggunanya sendiri.

”Silahkan dipakai, tapi untuk bahan bakar diisi sendiri. Jika nanti kalau ada kerusakan ataupun gangguan saat penggunaan, pemegang mobil atau pengguna juga harus tanggung jawab,” ucap Bupati saat ditemui Radar Karanganyar.

Usai cuti lebaran berakhir, pihaknya akan mengecek kondisi kendaraan dinas yang baru digunakan. Bupati berharap kendaraan tak ada satupun yang rusak, dan selesai di servis menggunakan uang pribadi usai digunakan saat berlebaran.

 Sementara itu, salah pejabat yang menggunakan mobil dinas sebagai kendaraan lebaran juga merasa ikut merasa diuntungkan dengan adanya kebijakan tersebut. Untuk mengantisipasi adanya sejumlah warga yang iseng dan mengambil gambar plat nomor polisi (Nopol)  warna merah saat lebaran, ada beberapa PNS yang akan mengganti nopol miliknya dengan warna hitam seperti milik pribadi.

”Kadang orang kan jaga gengsi, kalau nggak diganti nanti difoto terus di-uploud di media sosial,” terang salah satu pejabat yang enggan disebutkan namanya. (rud/nik)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar