PDAM Tirto Negoro Sragen Jamin Pasokan Air Aman

SRAGEN – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirto Negoro Sragen menjamin pasokan air bersih jelang Lebaran tetap aman. Meskipun diprediksi terjadi lonjakan permintaan hingga 30 persen.

Penjabat sementara Direktur Utama (Dirut) PDAM Sragen Supardi menuturkan, peningkatan permintaan air bersih diprediksi terjadi pada H-1 sampai H+1 Lebaran. Selam aini, rata rata pemakaian wajar air bersih untuk warga yang tinggal di desa sekitar 90 liter per orang. Sedangkan warga perkotaan 120 liter per orang.

”Peningkatan (permintaan air bersih) tidak merata. Di wilayah kota dan sebagian Karangmalang biasanya justru turun,” ungkap dia, Minggu (18/6).

Sementara itu, selama Ramadan, penggunaan air bersih oleh pelanggan PDAM mengalami perubahan jadwal. Yakni dari pukul 02.00-06.00. Intensitas turun dan kembali meningkat sekitar pukul 15.00.

Untuk pasokan air bersih yang cukup menjadi perhatian PDAM adalah di sebagian Kecamatan Gondang, Sambirejo, Sumberlawang dan Kedawung. Mereka akan memaksimalkan semua sumur pompa, serta sumur Tunggul Gondang yang sempat dipotes warga karena kondisi air kurang memuaskan.

”Di Sumur tunggul kita pasang DMI 65, alat khusus dan spesifik. Diharapkan kondisi air dapat tersaring dengan baik,” ujar Supardi.

Jika DMI tidak bekerja, imbuhnya, akan dibantu sumber air Gumeng. Dengan demikian ada tambahan sekitar 20 persen persediaan air untuk pelanggan PDAM. (din/wa)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar