Tata Parkir dan Razia Preman Jelang Lebaran

WONOGIRI – Mengantisipasi kemacetan di Jalan Jenderal Sudirman, tepatnya depan Pasar Wonogiri Kota saat Lebaran mendatang, Dinas Perhubungan (Dishub) Wonogiri bakal menata kawasan parkir. Di sisi lain, jajaran Polres Wonogiri melakukan razia preman untuk mengantisipasi kejahatan di jalanan.

Penataan parkir dilakukan mulai H-7 (18/6) hingga H+7 (3/7) Lebaran. Sepeda motor dilarang parkir lagi di Jalan Jenderal Sudirman. Mulai dari simpang tiga Dinas Kepemudaan dan Pariwisata, hingga depan terminal angkutan.

Kebijakan ini diambil setelah melalui evaluasi dari berbagai pihak. Terkait kemacetan yang terjadi di kawasan tersebut. ”Ini kami lakukan karena setiap tahunnya selalu macet, terutama saat Lebaran tiba,” kata Kepala Dishub Wonogiri, Ismiyanto kepada Radar Wonogiri, kemarin (18/6).

Sedangkan untuk parkir kendaraan roda empat, tetap seperti semula. Yakni di sepadan jalan depan Pasar Wonogiri Kota. Hanya saja, parkir mobil sedikit lebih diberikan tempat hingga memakan seperempat jalan. Dishub juga memasang rambu-rambu pembatas parkir di sepanjang jalur tersebut.

”Dari evaluasi tahun lalu, kali ini kami mencoba untuk menata parkir. Jika cara ini dinilai berhasil untuk mengatasi kemacetan, kemungkinan akan diberlakukan pada tahun-tahun berikutnya,” tandas Ismiyanto.

Dishub juga memberikan larangan melintas bagi truk angkutan barang. Seperti galian C, batu, pasir, dan batu bara. Larangan berlaku H-7 pukul 00.00 WIB hingga H+7 pukul 24.00 WIB. Sedangkan truk pengangkut semen dan kayu, dilarang melintas mulai H-4 (21/6) pukul 00.00 WIB hingga H+3 (29/6) pukul 24.00 WIB. ”Truk pengangkut BBM, BBG, bahan pokok, dan truk pengangkut sepeda motor pemudik gratis diperbolehkan melintas," ujar Ismiyanto. 

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar