Karang Taruna di Girimarto, Wonogiri Ajak Warga Peduli Lingkungan
BERITA TERKAIT

WONOGIRI - Prihatin atas menggunungnya sampah di tiga sungai di wilayahnya, anggota Ikatan Remaja Taruna Bakti (IRTB) di Desa Girimarto, Kecamatan Girimarto tergugah untuk membersihkan. Mereka juga memasang papan larangan membuang sampah. Dengan harapan warga sungkan untuk membuang sampah ke sungai.

Sebuah sungai yang membelah Dusun Girimarto, Desa Girimarto, Kecamatan Girimarto kini tidak indah lagi. Terlihat gunungan sampah di sejumlah titik. Terutama di dekat jembatan yang menjadi akses jalan warga.

Selain mengganggu pemandangan dan menimbulkan bau menyengat, sampah-sampah ini berpotensi merusak ekosistem sungai. Berpotensi menimbulkan banjir dan matinya ikan-ikan yang hidup di dalamnya. Semua ini tak lepas dari minimnya kesadaran warga sekitar.

Tiap hari, ada saja warga “nakal” yang membuang sampah. Kebanyakan sampah rumah tangga. Semisal popok bayi, bungkus makanan ringan, botol air mineral, dan sampah-sampah lainnya.

”Memang kami akui, saat ini masih banyak warga yang masih buang sampah ke sungai,” keluh salah seorang anggota IRTB, Bayu Anggoro, 29, yang juga warga Desa Girimarto RT 02 RW 01.

Ada sekitar tiga sungai yang membelah Desa Girimarto. Yakni Sungai Jendi, Sungai Tengah, dan Sungai Jumok. Titik terparah ada di Sungai Jumok. Banyak tumpukan sampah di sana.  “Apalagi kalau musim kemarau seperti ini. Sangat mengganggu,” ujar Bayu.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar