Rabu, 21 Nov 2018
radarsolo
icon featured
Solo

MPI Pimpinan Pusat Muhammadiyah Gelar Kopdarnas

Jumat, 08 Dec 2017 20:05 | editor : Bayu Wicaksono

MPI Pimpinan Pusat Muhammadiyah Gelar Kopdarnas

SOLO – Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) Pimpinan Pusat Muhammadiyah menggelar kopi darat nasional (Kopdarnas), Jumat-Minggu (8-10/12). Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) ditunjuk sebagai tuan rumah gelaran tersebut.

Bertempat di gedung induk Siti Walidah UMS, Kopdarnas dibuka dengan seminar nasional yang diikuti lebih dari 400 peserta. Diantaranya MPI Muhammadiyah tingkat kota/kabupaten seluruh Indonesia, mahasiswa UMS, dan penggiat literasi.

“Kopdarnas diadakan malam ini. Hadir sekitar 200 penggiat literasi Muhammadiyah,” ujar Ketua MPI PP Muhammadiyah, Muchlas kepada Jawa Pos Radar Solo, Jumat (8/12).

Rektor UMS, Sofyan Anif mengungkapkan Kopdarnas memberikan manfaat positif untuk membangun bangsa Indonesia di masa depan. Maju dan berkembangnya sebuah bangsa ditentukan oleh tingkat budaya literasinya. Anif menambahkan, kemampuan memahami bacaan oleh anak-anak di Indonesia tergolong di bawah rata-rata.

“Hal ini disebabkan rendahnya budaya literasi. Kondisi ini sangat berbeda dengan Negara China. Meski jumlah penduduknya tertinggi di dunia, tetapi pemerintahnya mampu menjadikan penduduk setempat mau maju,” jelas Anif.

Anif mengaku prihatin, dari seribu orang Indonesia hanya satu orang saja yang memiliki budaya membaca. “Tanpa menghakimi, ini kesalahan guru. Sebab siswa malas membaca, karena gurunya malas membaca. Ke depan guru harus bekerja keras lagi. Kita tidak boleh pesimis," tandasnya.

(rs/aya/bay/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia