Sabtu, 15 Dec 2018
radarsolo
icon featured
Travelling

Kunjungan Wisatawan ke Solo di 2017 Tembus 4,5 Juta Orang

16 Maret 2018, 14: 27: 33 WIB | editor : Fery Ardy Susanto

Wisatawan menikmati street art mural di kawasan pertokoan Jalan Gatot Subroto.

Wisatawan menikmati street art mural di kawasan pertokoan Jalan Gatot Subroto. (ARIEF BUDIMAN/RADAR SOLO)

SOLO – Tren kunjungan wisata di kota Solo  dari tahun ke tahun terus meningkat. Data Dinas Pariwisata (Disparta) Surakarta mencatat, 2017 menjadi tahun emas. Karena jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Bengawan mencapai 4,5 juta orang.

Kabid Destinasi dan Industri Pariwisata Disparta Surakarta, Suwoto menjelaskan, total wisatawan yang masuk ke Kota Bengawan mencapai 4.545.286 orang. Terbagi atas wisatawan domestik sebanyak 4.468.822, dan 76.464 wisatawan mancanegara (Wisman).

”Pemkot terus mengupayakan promosi. Meski sempat menurun di 2015, tapi naik lagi di 2016 dan puncaknya di 2017,” jelas Suwoto kepada Jawa Pos Radar Solo, Kamis (15/3).

Sekretaris Disparta Surakarta, Budi Sartono mengaku pihaknya terus mengupayakan peningkatan kunjungan wisatawan. Tak sekadar menjual objek wisata di Kota Solo saja, melainkan juga menawarkan spot-spot menarik di luar daerah. ”Kami juga menawarkan pesona Candi Borobudur ke wisatawan asing maupun domestik,” sambungnya.

Di Kota Solo sendiri, Disparta berharap ada peningkatan pelayanan, khususnya di sisi akomodasi dan kuliner. Harapannya para wisatawan betah menginap di hotel-hotel yang tersebar di Kota Bengawan.

”Kalau hanya jualan di dalam Solo saja, tidak bisa. Bahkan Jogja pun juga berjualan wisata ke Borobudur. Namun biasanya, kami menawarkan yang lebih menarik. Karena biasanya kami tawarkan perjalanan ke Borobudur lewat pegunungan di Selo, Boyolali. Kalau Jogja kan tidak bisa,” tandas Budi.

(rs/vit/fer/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia