Sabtu, 15 Dec 2018
radarsolo
icon featured
Travelling

Nikmati Indahnya Air Terjun Samber Lowo di Wonogiri

28 Maret 2018, 07: 00: 59 WIB | editor : Fery Ardy Susanto

Warga bergotong royong membuka akses jalan ke Air Terjun Samber Lowo Wonogiri.

Warga bergotong royong membuka akses jalan ke Air Terjun Samber Lowo Wonogiri. (IWAN DWI WAHYU/RADAR SOLO)

WONOGIRI - Pemerintah Desa Ngambarsari, Kecamatan Karangtengah, Wonogiri sedang bersemangat mengembangkan wisata Air Terjun Samber Lowo di Dusun Nglanjep. Warga berupaya membuka akses untuk mempermudah wisatawan menjangkau lokasi.

Akses tersebut sangat vital, karena jarak menuju lokasi air terjun cukup jauh dari jalan dusun setempat. 

“Harus jalan kaki 1 kilometer dari lokasi parkir kendaraan. Saat ini kami membuka jalan agar lebih dekat ke air terjun,” ujar Kepala Desa Ngambarsari, Fitri Hanany kepada Jawa Pos Radar Solo, Selasa (27/3).

Sementara ini, untuk menikmati keindahan air terjun Samber Lowo, pengunjung harus melalui pematang sawah dan tegalan. Meski banyak jalan datar, namun tidak sedikit tanjakan dan turunan.

“Setiap Minggu, karang taruna kerja bakti membuka jalan, lalu untuk warga dusun setiap Kamis,” bebernya. 

Selama perjalanan, pengunjung akan dimanjakan keindahan alam Desa Ngambarsari, bentang area persawahan, bukit-bukit hijau, dan vegetasi budidaya berupa cengkeh dan durian.

“Kita nantinya membuat gazebo, spot-spot selfi dan wahana edukasi untuk anak-anak,” ungkapnya. 

Rasa lelah selama perjalanan terbayar dengan gemuruh air terjun dua level ketinggian. Batu-batu besar tampak menghiasi aliran air di bawahnya. Sejuknya lingkungan sekitar bakal membuat betah.

“Tingginya air terjun kalau dari bawah sekitar 50 meter. Air terjun alami ini sudah lama ada. Hanya saja baru akan kita kembangkan sebagai potensi wisata desa saat ini,” ucap kades.

(rs/kwl/fer/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia