Sabtu, 15 Dec 2018
radarsolo
icon featured
Radar Solo Events
Festival Literasi di LPII Nurul Mustofa

Dorong Semangat Membaca Kartini

24 April 2018, 11: 51: 01 WIB | editor : Perdana

Dorong Semangat Membaca Kartini

ADA yang berbeda dengan perayaan Hari Kartini yang digelar di Lembaga Pendidikan Islam Internasional (LPII) Nurul Mustofa, Sabtu (21/4). Tak seperti perayaan di sekolah pada umumnya, LPII Nurul Mustofa menggandeng Jawa Pos Radar Solo menggelar Literasi dan Student Market Day.

Sejak pagi, seluruh siswa sudah bersiap berkumpul di halaman sekolah setempat. Sebagian siswa lainnya sibuk menyiapkan dagangannya untuk Student Market Day di aula. Tepat pukul 07.00 WIB, sebelum acara dimulai, seluruh siswa menunaikan salat Dhuha berjamaah. Dilanjutkan dengan muroja’ah atau hapalan Al Quran bersama.

Usai salat Dhuha dan muroja’ah bersama, kegiatan dibuka dengan penampilan marching band Sekolah Dasar Islam Internasional (SDII) Nurul Mustofa. Membawakan beberapa lagu, penampilan mereka mampu membakar semangat seluruh siswa untuk memulai kegiatan.

“Hari ini (kemarin Sabtu, Red) kita memperingati Hari Kartini. Kegiatan literasi ini sebagai salah satu wujud kita mencontoh Kartini yang gemar membaca. Selain itu, ayat Al Quran yang kali pertama turun adalah perintah membaca. Karena itu, kalian bisa serap ilmu sebanyak-banyaknya dalam kegiatan literasi ini,” papar Direktur LPII Nurul Mustofa, Badruddin Zarkasyi dalam sambutannya.

Kepala Kompartemen Klaten Jawa Pos Radar Solo, Boy Rohmanto mengapresiasi antusiasme siswa LPII Nurul Mustofa dalam kegiatan literasi tersebut.

“Hobi membaca itu penting untuk menambah wawasan kita. Terlebih membaca koran. Agar kita selalu update dengan berita-berita terkini. Sekaligus menghindari berita hoax yang tersebar di media sosial,” imbuh Boy.

Berikutnya adalah penampilan gerak dan lagu dari kelas 1. Diteruskan penampilan Tari Saman dari kelas 6. Dan diakhiri penampilan dance dari siswa kelas 7 dan 8 Sekolah Menengah Islam Internasional (SMII) Nurul Mustofa.

Masuk ke acara inti, kegiatan literasi dipandu oleh Kepala Kompartemen Klaten Jawa Pos Radar Solo, Boy Rohmanto. Masing-masing siswa dibagikan Koran Jawa Pos Radar Solo. Mereka diberi kesempatan untuk membaca koran bersama. Mereka juga diminta untuk memilih salah satu berita dan foto yang paling menarik.

“Siapa di sini yang pengen jadi wartawan? Wartawan adalah orang yang berprofesi sebagai pemburu berita. Kalau kalian senang baca koran, semua berita ini yang menulis ada wartawan. Wartawan nggak boleh percaya sama berita hoax. Kalian jangan mudah percaya ya,” jelas Boy di hadapan para siswa.

Suasana makin interaktif saat masuk sesi tanya jawab. Bagi siswa yang berani naik ke atas panggung dan bertanya diberikan sebuah hadiah dari tim Jawa Pos Radar Solo. Alhasil, seluruh siswa berebut mengacungkan tangan dan maju ke depan. Puas membaca koran, kegiatan literasi ditutup dengan berfoto bersama seluruh siswa. Dilanjutkan dengan kegiatan Student Market Day. (aya/edy)

(rs/aya/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia