Jumat, 26 Apr 2019
radarsolo
icon featured
Klaten

Tiga Bersaudara Jadi Caleg dari Dapil dan Partai Berbeda

28 Juli 2018, 20: 14: 33 WIB | editor : Perdana

KOMPAK : Tiga bersaudara (kiri-kanan) Tri Agus Bayu Seno, Sigit Marwanto, Sunarno

KOMPAK : Tiga bersaudara (kiri-kanan) Tri Agus Bayu Seno, Sigit Marwanto, Sunarno

KEJUTAN menjelang Pemiu 2019 datang dari keluarga besar almarhum Tri Widodo di Bayat, KLaten. Tiga bersaudara (Sunarna, Sigit dan Triagus Bayuseno) dari keluarga Tri Widodo maju sebagai calon legislatif (caleg)  untuk DPR RI. Menariknya tiga bersaudara ini menuju kursi senayan dengan partai dan dapil yang berbeda.

Sunarna anak kelima dari pasangan Tri Widodo – Sumiyem yang telah lebih dulu terjun ke dunia politik maju dari PDI Perjuangan. Dapil tempat maju mantan bupati Klaten dua periode ini tidak dari Dapil V Jawa Tengah, namun justru dari Dapil 11 yang meliputi  Banyumas dan Cilacap.

Kemudian adik Sunarna, Sigit yang baru tahun ini memilih untuk terjun ke dunia politik maju melalui Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Putra bungsu dari Tri Widodo ini maju dari Dapil V Jawa Tengah, melipiti Kota Surakarta, Sukoharjo dan Klaten, Boyolali.

Anggota keluarga lain yang maju dalam Pileg 2019 Tri Agus Bayuseno yang merupakan  kakak ipar, karena mas Bayu merupakan suami dari Suyatmi anak keempat dari keluarg ini. Tri Agus Bayuseno  maju melalui Partai Hanura berasal dari Dapil IV Jawa Tengah.

Keputusan tiga bersaudara untuk sama-sama terjun ke dunia politik melalui proses panjang di internal keluarga. Dibutuhkan hingga beberapakali  musyawarah untuk memutuskan ada anggota keluarga selain Sunarna yang terjun ke dunia politik. Setelah semua setuju bahwa ada dua anggota lain yang boleh maju, akhirnya komunikasi dengan partai politik dilakukan.

“Dalam keluarga kami kalau satu saja tidak setuju maka tidak jadi dilaksanakan. Maka harus disepakati dari enam bersaudara untuk memutuskan langkah yang penting seperti sekarang ini. Saya memutuskan untuk gabung dengan partai politik baru lebaran lalu setelah acara ada pertemuan keluarga besar,” ujar Sigit.

Hal senada disampakan, Sunarna yang telah paling lama terjun ke dunia politik. Dia masih ingat saat maju sebagai bupati Klaten periode pertama ditahun 2005, saat itu seluruh keluarga menyepakati Sunarna untuk maju. Hingga saat ini, dia masih tetap aktif dalam dunia politik dengan jabatan sebagai ketua DPC PDI Perjuangan Klaten.

“Awalnya memang saya tawarkan untuk maju melalui PDI Perjuangan. Namun ternyata saudara saya memilih kendaraan lain tentu saya juga tidak bisa melarang. Inilah demokrasi yang sebenarnya terjadi di keluarga saya,”ungkapnya.

Sementara itu, Tri Agus Bayuseno ternyata sudah sejak 2016 terjun ke dunia politik. Saat itu dia bergabung dengan Partai Hanura, sekarang dia menjabat sebagai salah satu wakil ketua DPD Jawa Tengah dan sebagai Lasmura Jawa Tengah. Bayu maju dari Dapil IV Jawa Tengah meliputi Sragen, Wonogiri, dan Karanganyar. 

“Saya maju dari dapil IV karena memang asli saya Sragen. Jadi saya ingin berbuat lebih banyak untuk pembangunan di wilayah ini,” ungkapnya. (oh).

(rs/ren/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia