Sabtu, 17 Nov 2018
radarsolo
icon featured
Boyolali
Polemik Pendirian Tower

Sikap Warga Terbelah soal Pendirian Tower

Kamis, 13 Sep 2018 21:05 | editor : Perdana

SIAPKAN FONDASI: Pekerja menyelesaikan pembangunan tower di Dusun Ngulu Tengah, Desa Pracimantoro, Kecamatan Pracimantoro, Rabu (12/9).

SIAPKAN FONDASI: Pekerja menyelesaikan pembangunan tower di Dusun Ngulu Tengah, Desa Pracimantoro, Kecamatan Pracimantoro, Rabu (12/9). (IWAN KAWUL/RADAR SOLO)

WONOGIRI – Sebagian warga Dusun Ngulu Tengah RT 01 RW 08, Desa Pracimantoro, Kecamatan Pracimantoro menolak pembangunan tower telekomunikasi di lingkungannya. Alasannya, mereka tidak mendapatkan sosialisasi terkait pembangunan tower. 

Selain itu, warga khawatir dengan dampak radiasi tower. "Kami tidak diberi sosialisasi dulu. Tiba-tiba ada berita acara bahwa warga di luar ring (dusun, Red) menyetujui pembangunan tower," ujar salah seorang warga yang enggan disebutkan namanya, Rabu (12/9).

Menurut sumber tersebut, hanya warga yang tinggal dekat dengan tower diundang sosialisasi. "Izin mendirikan bangunan juga belum keluar. Namun, pembangunan tower sudah dilakukan," imbuhnya. 

Menyikapi penolakan itu, Camat Pracimantoro Warsito menegaskan, pihaknya sudah menandatangi surat rekomendasi pendirian tower karena semua syarat telah terpenuhi. 

"Dari lingkungan sudah tanda tangan semua, RT dan RW sudah. Desa juga sudah keluarkan rekomendasi. Sudah sesuai aturan semua," ujarnya.

Ditandaskan camat, warga yang diminta persetujuan adalah mereka yang rumahnya atau tanahnya dalam radius 40 meter dari tower. Sesuai dengan tinggi tower yang nantinya akan dibangun. 

"Mungkin izinnya sudah sampai kabupaten sekarang. Kalau ada warga yang menolak, silakan mengajukan keberatan. Itu adalah hak dari warga," ucapnya. 

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Eko Subagyo belum dapat dikonfirmasi terkait proses perizinan tower tersebut. Namun, Kepala Satpol PP Wonogiri Waluyo mengatakan, jika warga yakin bahwa tower itu belum berizin, maka bisa memberikan laporan resmi kepada Satpol PP untuk ditindaklanjuti. (kwl/wa)

(rs/kwl/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia