Sabtu, 20 Apr 2019
radarsolo
icon featured
Sukoharjo

Target Prona Harus Tuntas 2019

18 September 2018, 20: 01: 12 WIB | editor : Perdana

SERAHKAN SURAT: Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya dalam kegiatan penyerahan prona beberapa waktu lalu.

SERAHKAN SURAT: Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya dalam kegiatan penyerahan prona beberapa waktu lalu. (RYANTONO P.S./RADAR SUKOHARJO)

SUKOHARJO – Persertifikatan tanah dalam program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) atau Prona 2018 ini bakal menyasar 4.200 bidang tanah yang tersebar di enam kecamatan. Karena itu, diharapkan pada 2019 nanti persertifikatan tanah di Sukoharjo bisa tuntas.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Sukoharjo Suraji mengatakan, target tahun depan atau 2019 ada sebanyak 20 ribu bidang tanah yang tersebar disejumlah wilayah. Jumlah tersebut sekitar 4 persen dari keseluruhan bidang tanah di Sukoharjo yang belum memiliki sertifikat. ”Pemkab Sukoharjo sejak awal sudah pasang target pada 2019 semua tanah sudah bersertifikat,” tegas Suraji, kemarin.

Guna penuntasan sertifikat tanah pada 2019 memang tak mudah. Butuh kerja keras semua pihak mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan, desa hingga kelurahan. Sebab banyak kendala yang dihadapi petugas saat menjalankan tugas khususnya berkaitan dengan sosialisasi dan pemberkasannya.

Kendala yang dihadapi karena sebagian besar sasaran Prona atau PTSL merupakan warga kurang mampu. Mereka saat mendapatkan undangan sering tak hadir, karena berbagai alasan. Salah satunya sibuk bekerja di luar daerah atau merantau. Selain itu, kendala lain berkaitan dengan lamanya pemberkasan sebagai pemenuhan syarat dari pemohon atau pemilik tanah. Sering diketahui pemohon masih kekurangan dalam melengkapi berkas, karena dokumen pertanahan hilang atau rusak.

”Pemerintah sudah menyediakan kemudahan fasilitas untuk pensertifikatan tanah sebagai bukti sah kepemilikan tanah. Program ini harus dimanfaatkan tak hanya warga namun juga Pemkab Sukoharjo,” terangnya.

Pemkab Sukoharjo sendiri sudah menjalankan program pensertifikatan tanah daerah yang dijalankan dalam Proda sejak 2010 lalu. Pemkab Sukoharjo terus memberikan subsidi kepada warga miskin untuk mengurus pembuatan sertifikat tanah.

Program ini bersinergi dengan pemerintah pusat dalam memberikan sertifikat tanah gratis kepada masyarakat melalui Prona. Pada pelaksanana 2017 lalu, Kabupaten Sukoharjo telah melaksanakan pemberkasan sebanyak 18.200 bidang terdiri dari tanah masyarakat dan tanah kas desa. Rinciannya jumlah PTSP sebanyak 15.200 bidang dan kegiatan Proda 2.850 bidang. Sedangkan jumlah bidang pada 2018 ini terus mengalami penambahan untuk dibuatkan sertifikat. (yan/edy)

(rs/yan/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia