Jumat, 19 Oct 2018
radarsolo
icon featured
Olahraga
Asian Paragames 2018

Tim Judo Indonesia Lakukan Persiapan Matang Sebelum Berkompetisi

Sabtu, 22 Sep 2018 17:25 | editor : Perdana

ilustrasi

ilustrasi

SOLO – Judo jadi salah satu cabang olahraga baru yang siap diterjunkan kontingen Indonesia di ajang Asian Para Games. Akan menjalani debut, Judo ternyata cukup optimistis bisa berbicara banyak di Asian para Games nanti.

”Peluangnya jelas berat, mengingat 16 negara lainnya labelnya sudah Paralympic. Jadi hampir semuanya sudah memiliki peringkat dunia, berbeda jauh dengan kami yang baru terbentuk dari nol,” terang Endang Sri Lestari, Pelatih NPC untuk cabor Judo di Asian Para Games. 

Dirinya memang mengakui butuh kerja keras untuk membangun cabor ini, mengingat tak semua atlet yang masuk pelatnas bunya basic terjun mendalami olahraga judo.

”Kami membangun dari nol, ada yang backgroundnya dari pelajar, mahasiswa dan ada juga seorang terapis. Buth proses panjang memang untuk mengembangkan skill mereka. Saat ini kami fokus untuk menyempurnakan semua program pelatihan,” ucap pejudo wanita yang sempat memberikan emas untuk Indonesia di ajang SEA Games 2005.

Endang mengakui peluang timnya untuk mendulang emas memang tak mudah. Beberapa negara yang cukup berat untuk dikalahkan adalah Jepang, Korea Selatan, Kazakhstan, Iran, dan Mongolia.

”Saat ini persiapannya, tinggal mematangkan teknik, termasuk peraturan yang boleh dan tidak bolah seperti apa. Kami mempersiapkan langkah untuk bisa menang cepat dan menjaga atlet paham peraturan yang diberlakukan agar langcar saat bertanding nanti,” terangnya. 

Sebelum menuju ke Jakarta, tim Judo Indonesia menjalani tryout ke Turki hingga Italia. (nik)

(rs/NIK/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia